SOAL PERSIAPAN UP - MODUL 2 PROFESIONAL IPA KB-1 DAN KB-2

Hai Sobat elpedia!! Berikut ini adalah SOAL PERSIAPAN UP - MODUL 2 PROFESIONAL IPA KB-1 DAN KB-2. Yuk Gaes!!!..Persiapkan diri kamu, Buktikan bahwa kamu HEBAT!!!
SELAMAT MENGERJAKAN

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang kamu anggap benar!


SOAL 1

Perhatikan gambar berikut ini!

Pasangan yang tepat antara nama jaringan-fungsinya-alasan kecocokan antara jaringan dan fungsinya pada gambar di samping adalah ...

A. Epidermis-pelindung-lapisan selnya tebal
B. Palisade- fotosintesis-selnya panjang berjajar rapat
C. Bunga karang-fotosintesis-mengandung klorofil
D. Stoma-fotosintesis- mempunyai banyak pori
E. Silem-berkas pengangkut-mengandung klorofil



Jawaban: C

Struktur bagian dalam daun:

1. Epidermis
Epidermis merupakan lapisan sel hidup terluar. Jaringan yang satu ini terbagi menjadi epidermis atas dan epidermis bawah. eperdermis ini mempunyai fungsi untuk melindungi jaringan yang terdapat di bawahnya.

2. Jaringan mesofil terbagi 2, yakni:
  • Jaringan tiang (jaringan palisade), yaitu suatu jaringan yang mengandung banyak kloroplas yang berfungsi dalam suatu proses pembuatan makanan. salah satu ciri-ciri jaringan ini yaitu sel-selnya yang berbentuk silinder dan tersusun rapat.
  • Jaringan bunga karang (jaringan spons), yaitu sebuah jaringan yang lebih berongga bila dibandingkan dengan suatu jaringan palisade. jaringan ini mempunyai fungsi untuk sebagai tempat menyimpan suatu cadangan makanan.
3. Berkas pembuluh angkut terbagi 2, yaitu:
  • Xilem (pembuluh kayu) yang pada akar mempunyai fungsi sebagai untuk mengangkut air dan mineral menuju daun, sedangkan pada suatu batang, xilem mempunyai fungsi sebagai sponsor penegak suatu tumbuhan.
  • Floem (pembuluh tapis) berfungsi untuk mengedarkan suatu hasil fotosintesis dari daun ke semua bagian tumbuhan.
4. Jaringan tambahan pada daun
Meliputi sel-sel khusus yang pada umumnya terdapat pada sebuah mesofil daun, yang misalnya sel- sel kristal dan kelenjar.

5. Stomata
Stomata berfungsi untuk sebagai organ respirasi. stomata mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan suatu bahan fotosintesis, yang mengeluarkan O2 sebagai sebuah hasil fotosintesis. stomata ini terletak di epidermis bawah. selain stomata, tumbuhan tingkat tinggi juga bernapas melalui sebuah lentisel yang terletak pada sebuah batang. Jika terdapat banyak dinamakan STOMATA, jika hanya terdapat 1 buah dinamakan STOMA.


SOAL 2

Perhatikan gambar berikut ini!

Berdasarkan gambar di atas struktur protoplasmik yang berfungsi untuk produksi energi dan koordinasi kegiatan metabolisme sel secara berurutan adalah ....

A. 5 dan 1
B. 1 dan 5
C. 5 dan 3
D. 3 dan 5
E. 5 dan 2



Jawaban: A

Bagian-bagian sel dan fungsinya.

Dinding Sel merupakan lapisan yang memberi bentuk sel dan melindungi isi sel.

Inti sel merupakan pusat pengatur seluruh kegiatan sel, terutama mengatur perkembangbiakan sel serta perkembangan sel selanjutnya.

Membran Plasma berperan dalam melindungi sel dan mengatur keluar masuknya zat.

Kromosom merupakan benda berupa benang-benang tebal yang terletak di dalam inti sel. Fungsinya sebagai pembawa sifat yang akan diwariskan kepada keturunan sehingga sel yang akan dibentuk akan sama seperti sel yang sebelumnya.

Plasma Sel (Sitoplasma) merupakan bagian yang meliputi seluruh isi sel kecuali inti sel.

Vakuola merupakan tempat untuk penyimpanan bahan makanan seperti amilum dan gula. Vakuola pada sel tumbuhan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan vakuola yang terdapat dalam sel hewan.

Retikulum Endoplasma (RE) merupakan tempat melekatnya ribosom dan tempat terjadinya sintesis protein. Ribosom merupakan tempat terjadinya sintesis protein.

Badan Golgi berperan dalam ekskresi sel, pembentukan dinding sel dan pembentukan lisosom.

Lisosom berperan dalam menghasilkan enzim-enzim hidrolitik, yang berperan dalam mencerna makanan yang masuk ke dalam sel (intraselular).

Mitokondria berperan dalam menghasilkan energi (tempat pembentukan ATP) karena terlibat dalam proses respirasi sel.

Kloroplas merupakan tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Sentriol berperan dalam proses pembelahan sel.



SOAL 3

Berikut ini adalah dokumentasi hasil eksplorasi di suatu daerah tertentu!

Berdasarkan dokumentasi tersebut, tingkat organisasi kehidupan yang ditampilkan pada dokumentasi tersebut adalah ....

A. Populasi
B. Komunitas
C. Ekosistem
D. Biosfer
E. Bioma



Jawaban: C

Pada gambar di atas, telah terjadi interaksi timbal balik antar makhluk hidup dan dengan lingkungannya


SOAL 4

Perhatikan gambar bagian tumbuhan Mimosa pudica berikut!

Jika seorang siswa memberi sentuhan atau tekanan pada bagian yang ditunjuk anak panah, maka yang terjadi adalah ....

A. Daun menutup karena perubahan tekanan turgor pada daun, sedangkan tangkai daun tidak menutup
B. Daun menutup karena perubahan struktur jaringan tulang daun, sedangkan tangkai daun tidak menutup
C. Daun dan tangkai daun akan menutup, karena terjadi perubahan tekanan turgor pada tulang daun
D.Daun dan tangkai daun akan menutup, karena terjadi perubahan struktur sel pada jaringan tulang daun
E. Daun dan tangkai daun tidak menutup, karena yang diberi sentuhan atau tekanan bukan pada bagian daun



Jawaban: C

Sentuhan pada putri malu dapat menyebabkan daun mengatup dan tangkainya merebah yang kita sebut dengan tigmonasti atau seismonasti. Tigmonasti adalah gerak ynag disebabkan oleh rangsangan sentuhan atau getaran, seperti menutupnya daun putri malau jika disentuh.

Menutupnya daun putri malu ketika disentuh dikarenkan aliran air menjauh dari sumber sentuhan. Adanya aliran air ini menyebabkan kadar air berkurang, sehingga tekanan turgornya mengecil. Akibatnya daun putri malu menutup dan tampak seprti layu Tekana turgor adalah tekanan yang mendorong membran sel terhadap dinding sel pada tumbuhan, bakteria, dan fungi serta pada sel protista yang tidak memiliki sel dinding. Tekanan ini menyebabkan turgiditas sel dan disebabkan oleh timbulnya aliran osmosis air dari bagian dengan konsentrasi terlarut lebih tinggi.


SOAL 5

Perhatikan ambar berikut!
  1. Unit pembawa sifat (gen) terdapat di dalam nukleus
  2. Nukleolus merupakan tempat sintesis RNA ribosomal
  3. Membran plasma merupakan membran semipermeabel
  4. DNA terletak di dalam nukleus dalam bentuk kromatin
  5. Sintesis protein terjadi di dalam nukleus
Pernyataan di atas yang benar yaitu nomor ....

A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 5
C. 1, 2 dan 4
D. 1, 3 dan 4
E. 1, 3 dan 5



Jawaban: D

Nomor 1,3 dan 4

Nukleus adalah organel terkecil yang mengatur sekaligus mengendalikan aktivitas sel hewan. Proses ini dimulai dari metabolisme sampai pembelahan sel. Nukleus mengandung materi genetik yang berbentuk DNA linear panjang membentuk kromosom.

Nukleolus adalah organel yang ada pada inti sel atau nukleus. Fungsinya untuk membentuk protein menggunakan RNA atau asam ribonukleat.

Membran sel atau membran plasma merupakan struktur yang dimiliki oleh semua sel makhluk hidup. Membran plasma atau membran sel atau selaput plasma merupakan selaput terluar sel yang tersusun dari molekul lipoprotein (fosfolipida dan protein) dan molekul-molekul lain yag menyempurnakan struktur membran plasma. Sifat membran sel yaitu semipermeabel atau selektif permeabel karena adanya stuktur fosfolipid. Semipermeabel adalah sifat membran sel di mana hanya zat tertentu saja yang boleh masuk ke dalam sel.

DNA terdapat di inti sel, mitokondria, dan kloroplas. Karena pada sel hewan tidak mempunyai kloroplas, maka DNA dapat ditemukan di inti sel (nukleus) dan mitokondria.

Retikulum endoplasma (RE) tersusun dari selapis membran yang berlekuk-lekuk dan posisinya di dekat atau menempel dengan inti sel. Ada dua jenis retikulum endoplasma, yaitu RE kasar dan RE halus.
RE kasar ditempeli ribosom, maka fungsinya berkaitan untuk sintesis protein.
Sedangkan RE halus berfungsi untuk sintesis lemak, metabolisme karbohidrat, dan detoksifikasi racun.


SOAL 6

Syehai menderita sakit dengan gejala mudah merasa lapar dan haus, sering kencing di malam hari, dan berat badannya turun walau makannya banyak. Sebaiknya Syehai membatasi konsumsi ....

A. Daging
B. Telur
C. Susu segar
D. Jus buah
E. Sayur berwarna hijau



Jawaban: D

Mudah merasa lapar dan haus, sering kencing di malam hari, dan berat badannya turun walau makannya banyak, merupakan gejala yang khas pada penyakit kencing manis. Pankreas penderita tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup, sehingga gula tidak dapat ditransformasi menjadi energi di dalam sel. Akibatnya, tubuh merasa selalu kekurangan energi (merasa lapar). Karen transformasi energi oleh gula tidak terjadi, maka massa otot tubuh berkurang. Penderita kencing manis harus membatasi gula (atau makanan yang mengandung gula), dalam hal ini jus buah


SOAL 7

Seseorang mengalami gejala kepala pening, agak demam, mata berair, tenggorokan seperti kering, maka yang dapat disarankan kepada orang tersebut agar tidak terjadi gangguan yang lebih parah adalah ....

A. Segera minum obat pelega nafas, minum air hangat, melakukan olah raga ringan
B. Minum obat pereda sakit kepala, makan dan minum yang cukup, dan istirahat
C. Minum obat pereda sakit kepala, menetesi mata yang berair, dan istirahat tidur
D. Minum obat turun panas, segera minum air hangat, makan, dan istirahat tidur
E. Segera minum air hangat, mengkonsumsi vitamin, dan minum obat influenza



Jawaban: E

Gejala influenza termasuk sakit tenggorokan, demam, sakit kepala, pegal-pegal dan nyeri otot, hidung tersumbat, dan batuk. Sebagian besar gejala influenza membaik secara bertahap selama dua hingga lima hari, tetapi tidak jarang terasa membaik selama seminggu atau lebih. Komplikasi umum dari influenza adalah pneumonia, terutama pada anak-anak, lanjut usia, atau orang dengan masalah paru-paru atau jantung.

Langkah pencegahan yang paling penting untuk mencegah influenza dan selesma adalah sering mencuci tangan. Segera minum air hangat, mengkonsumsi vitamin, dan minum obat influenza


SOAL 8

Pak Beni meiliki berat badan yang melebihi batas ideal dan memiliki kebiasan merokok. Tiba Tiba beliu merasakan sesak napas, lemas, dan nyeri dada yang menjalar ke lengan atau punggung. Selain itu Pak Beni juga merasakan mual dan muntah disertai keringat dingin. Berdasarkan gejala tersebut, cara menanggulangi penyakit yang dirasa pak Beni dapat dilakukan dengan cara ....

A. Membatasi paparan radiasi yang berasal dari sinar-X,CT scan dan alat-alat sejenisnya
B. Melakukan olah raga dan istirahat teratur serta menghindari stress berlebih
C. Mengkonsumsi obat-obatan tanpa anjuran dokter
D. Meningkatkan konsumsi karbohidrat
E. Meningkatkan konsumsi daging merah dan susu berlemak



Jawaban: B

Gejala sesak napas, lemas, dan nyeri dada yang menjalar ke lengan atau punggung, mual dan muntah disertai keringat dingin merupakan gejala Jantung Koroner.


SOAL 9

Sesak napas menjadi ciri umum dari penyakit ini. Biasanya sesak napas dibarengi oleh mengi (wheezing) yang merupakan suara khas bernada tinggi saat pasien mengeluarkan napas. Ciri ini merupakan ciri dari penyakit ....

A. Laryngitis karena laring menyempitkan saluran nafas
B. Faringitis karena faring terinfeksi dengan bakteri
C. Asma karena adanya penyempitan saluran nafas
D. TBC karena organ paru-paru terinfeksi bakteri sehingga menyempit
E. Bronkitis bronkus menyempit akibat banyaknya lender



Jawaban: C

Laryngitis atau laringitis adalah peradangan yang terjadi pada laring, yaitu bagian dari saluran pernapasan tempat pita suara berada. Kondisi ini dapat disebabkan oleh iritasi, infeksi, atau penggunaan laring yang berlebihan.

Faringitis adalah peradangan pada tenggorokan atau faring. Kondisi yang juga disebut dengan radang tenggorokan ini ditandai dengan tenggorokan nyeri, gatal, dan sakit saat menelan. Faringitis umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Beberapa jenis virus yang bisa menyebabkan faringitis adalah Influenza, Rhinovirus, dan Epstein-Barr. Walaupun lebih sering disebabkan oleh infeksi virus, infeksi bakteri golongan Streptococcus juga bisa menyebabkan faringitis.

Asma adalah penyakit kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan sesak akibat peradangan dan penyempitan pada saluran napas. Asma dapat diderita oleh semua golongan usia, baik muda maupun tua.

Tuberkulosis (TBC) atau TB adalah penyakit menular akibat infeksi bakteri. TBC umumnya menyerang paru-paru, tetapi juga dapat menyerang organ tubuh lain, seperti ginjal, tulang belakang, dan otak.

Bronkitis adalah iritasi atau peradangan di dinding saluran bronkus, yaitu pipa yang menyalurkan udara dari tenggorokan ke paru-paru. Bronkitis bisa terjadi dalam hitungan hari, minggu, bahkan bulan. Bronkitis biasanya ditandai dengan batuk, yang terkadang disertai dengan keluarnya dahak atau lendir akibat iritasi pada dinding bronkus.


SOAL 10

Perhatikan gambar berikut!

Sel-sel membutuhkan zat atau molekul untuk menjalankan semua aktivitas metabolisme. Beberapa zat yang diperlukan harus bergerak masuk ke dalam sel. Pergerakan molekul air dari konsentrasi air yang tinggi di luar sel menuju konsentrasi air yang rendah melalui membran selektif permeabel (semipermeabel) disebut dengan proses ....

A. difusi
B. osmosis
C. transport aktif
D. transport pasif
E. difusi terfasilitas



Jawaban: B

Difusi atau pembauran adalah peristiwa mengalirnya atau berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah.

Osmosis adalah perpindahan molekul pelarut (misalnya air) melalui selaput semipermiabel dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat atau dari bagian yang konsentrasi pelarut rendah (hipotonis) ke konsentrasi pelarut tinggi (hipertonis).

Transpor aktif adalah pergerakan atau pemindahan yang menggunakan energi untuk mengeluarkan dan memasukkan ion–ion dan molekul melalui membran sel yang bersifat permeabel dengan tujuan memelihara keseimbangan molekul kecil di dalam sel.

Transpor pasif merupakan sistem tranportasi sel yang tidak menggunakan energi, melaikan secara langsung dan spontan. Dalam tranpor pasif, zat yang ditransportasikan adalah zat-zat nonpolar seperti glukosa, air, dan oksigen.

Difusi terfasilitasi sama dengan difusi sederhana tidak memerlukan energi, dan oleh karena itu aliran molekul berjalan searah dengan gradien konsentrasi. Bedanya, difusi terfasilitasi berlangsung dengan bantuan berbagai protein yang terdapat di membran plasma sehingga molekul-molekul yang ditransportkan tidak secara langsung berinteraksi dengan komponen-komponen membran yang bersifat hidrofobik


SOAL 11

Perhatikan gambar berikut!

Peristiwa osmosis terjadi pada proses penyerapan air oleh akar tanaman dari dalam tanah. Air dalam tanah berpindah ke dalam akar tetapi, zat mineral lain yang terkandung dalam akar tanaman tidak terserap ke dalam tanah. Hal ini disebabkan oleh ....

A. terdapat perbedaan tekanan dari kedua cairan
B. tekanan osmotik dari dalam larutan
C. tekanan osmotik dari luar larutan
D. terdapat dinding semipermeabel
E. peristiwa osmosis



Jawaban: D

Penyerapan air oleh akar tanaman dari dalam tanah merupakan peristiwa osmosis. Peristiwa ini terjadi disebabkan sel-sel tumbuhan bersifat semipermeabel termasuk sel-sel rambut akar. Selain itu, cairan sel pada rambut-rambut akar lebih pekat dibandingkan di dalam tanah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.


SOAL 12

Bakteri merupakan mikroorganisme ubikuotus, yang berarti melimpah dan banyak ditemukan di hampir semua tempat. Habitatnya sangat beragam; lingkungan perairan, tanah, udara, permukaan daun, dan bahkan dapat ditemukan di dalam organisme hidup. Bakteri merupakan organisme prokariotik karena tidak mempunyai ....

A. membran plasma dan membran nukleus
B. membran plasma
C. mitokondria
D. sistem endomembran dan membran nukleus
E. retikulum endoplasma dan lisosom



Jawaban: D

Organisme dikelompokkan berdasarkan pada hal tertentu. Salah satu pengelompokan tersebut adalah dengan berdasar pada struktur selnya yakni sel prokariotik dan sel eukariotik. Sel Eukariotik diartikan sebagai sel yang mempunya selaput inti atau membrane inti sel. Sementar sel prokariotik diartikan sebagai sel yang tak mempunyai membrane inti sel atau selaput inti.

Organisme yang memiliki sel eukariotik berbeda dengan organisme dengan sel prokariotik. Organisme dengan sel eukariotik adalah organisme dengan sel yang kompleks, contohnya adalah hewan dan tumbuhan. Sementara organisme dengan sel prokariotik adalah organisme dengan sel yang sederhana dan sering disebut bukan organisme yang sempurna. Contoh organisme prokariotik ini adalah bakteri

Adapun perbedaan lainnya, sebagai berikut:
  • Organisme prokariotik umumnya uniseluler dengan ukuran yang sangat kecil sehingga tidak bisa dipandang dengan mata telanjang. Sementara organisme eukariota umumnya multiseluler dan ukuran organismenya besar, bisa diamati dengan mata telanjang.
  • Organisme prokariotik hanya sedikit yang bisa bergerak (berputar atau berenang), lainnya tak bisa sam sekali. Sementara organisme eukariotik hampir semuanya bisa bergerak bebas seperti berjalan, berenang, melata dan lain sebagainya. Dan lain-lain
Sistem endomembrane terdiri dari membran yang berbeda yang tersuspensi dalam sitoplasma dalam sel eukariotik. Berbagai membran dalam sel eukariota merupakan bagian dari sistem endomembran.



SOAL 13

Komponen protoplasmik atau komponen yang hidup dari sel sedangkan komponen non-protoplasmik adalah komponen yang tidak hidup dari sel. Di bawah ini yang tidak termasuk organel sel yang bersifat protoplasmik yaitu ....

A. nukleus
B. membran plasma
C. ribosom
D. mesosom
E. mitokondria



Jawaban: D

Starr et al. (2012) menjelaskan organel penyusun sel tumbuhan, yaitu dinding sel, membran sel (membran plasma), sitoplasma, mitokondria, kloroplas, inti sel (nukleus), ribosom, retikulum endoplasma (RE), sitoskeleteon, badan golgi, dan vakuola sentral. Dinding sel, kloroplas dan vakuola sentral merupakan pembeda dengan sel hewan.

Pandey dalam Nugroho dkk. (2006) membagi komponen penyusun sel tumbuhan dalam dua kelompok besar, yaitu:

1. Komponen Protoplasmik (komponen yang hidup dari sel), terdiri dari inti, mitokondria,plastida, ribosom, lisosom, retikulum endoplasma (RE), mikrotubul dan badan golgi.

2. Komponen Non-Protoplasmik (komponen yang tidak hidup dari sel), terdiri dari vakuola dan hasil metabolisme misalnya aleuron, amilum, minyak atsiri dan kristal oksalat.

KOMPONEN NON PROTOPLASMIK
  • DINDING SEL
  • VAKUOLA
  • HASIL METABOLISME YG TERSIMPAN DALAM VAKUOLA
Pada pertengahan hingga akhir 1980-an, dengan kemajuan dalam kriofiksasi dan metode substitusi beku untuk mikroskop elektron, secara umum disimpulkan bahwa mesosom tidak ada dalam sel hidup. Namun, beberapa peneliti terus berpendapat bahwa bukti yang ada tetap tidak meyakinkan, dan mesosom mungkin bukan artefak di semua kasus.


SOAL 14

Endositosis merupakan mekanisme masuknya molekul ke dalam sel dengan bantuan vesikula. Mekanismenya, suatu sel akan membentuk vesikula dengan cara menjulurkan bagian luar membran sel. Mekanisme ini juga merupakan mekanisme makan sel, makanan yang masuk melalui vesikula akan melalui pencernaan intraseluler oleh organel ....

A. vakuola kontraktil
B. lisosom
C. autotom
D. mesosom
E. fagosom



Jawaban: B

Lisosom merupakan organel berbentuk seperti vesikel bulat yang berfungsi untuk melakukan pencernaan intrasel. Dengan kata lain, lisosom mencerna zat sisa, makanan, atau zat asing yang masuk ke dalam sel. Untuk melakukan fungsi tersebut, lisosom berisi enzim -enzim hidrolitik yang mampu memecah berbagai biomolekul, misalnya mencerna karbohidrat maupun protein.


SOAL 15

Respirasi seluler adalah proses perombakan molekul organik kompleks yang kaya akan energi potensial menjadi produk limbah yang berenergi lebih rendah (proses katabolik) pada tingkat seluler. Organel yang berperan dalam proses ini adalah ....

A. kompleks golgi
B. kloroplas
C. nukleus
D. mitokondria
E. ribosom



Jawaban: D

Mitokondria berperan dalam repirasi sel, yaitu proses metabolisme untuk menghasilkan energi dalam sel.

Badan Golgi (disebut juga aparatus Golgi, kompleks Golgi atau diktiosom) adalah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel, dan struktur ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa. Organel ini terdapat hampir di semua sel eukariotik dan banyak dijumpai pada organ tubuh yang melaksanakan fungsi ekskresi, misalnya ginjal.

Kloroplas (bahasa Inggris: chloroplast) adalah bagian dari plastid yang mengandung klorofil. Di dalam kloroplas, berlangsung fase terang dan fase gelap dari fotosintesis tumbuhan. Kloroplas terdapat pada hampir seluruh tumbuhan, tetapi tidak umum dalam semua sel.

Nukleus adalah untuk menjaga integritas gen-gen tersebut dan mengontrol aktivitas sel dengan mengelola ekspresi gen. Selain itu, nukleus juga berfungsi untuk mengorganisasikan gen saat terjadi pembelahan sel, memproduksi mRNA untuk mengkodekan protein, sebagai tempat sintesis ribosom, tempat terjadinya replikasi dan transkripsi dari DNA, serta mengatur kapan dan di mana ekspresi gen harus dimulai, dijalankan, dan diakhiri.

Ribosom adalah organel ukuran kecil dan padat yang terdapat dalam sel dan berperan sebagai tempat sintesis protein.


SOAL 16

Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan karbohidrat sebagai zat makanan dari bahan anorganik yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun (klorofil). Pada sel tumbuhan, organel yang berfungsi sebagai tempat penimbunan zat makanan yaitu ....

A. sitosol
B. nukleus
C. ribosom
D. sitoplasma
E. leukoplas



Jawaban: E

Leukoplas merupakan plastida yang tidak berwarna pada sel tumbuhan dan biasanya terdapat pada organ penyimpanan makanan cadangan seperti biji dan umbi. Ada tiga macam leukoplas, yaitu:
  1. Amiloplas untuk menyimpan amilum.
  2. Elaioplas untuk membentuk dan menyimpan lemak.
  3. Proteoplas untuk menyimpan protein.
Vakuola merupakan organel sel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan. Vakuola merupakan rongga di dalam sel yang berperan menyimpan berbagai zat ,misalnya air, zat makanan, atau zat sisa.


SOAL 17

Membran plasma ”Membran sel” merupakan bagian sel yang membatasi bagian dalam sel dengan lingkungan disekitarnya, membran ini dimiliki oleh semua jenis sel. Struktur membran plasma bersifat hidrofil dan hidrofob. Adapun yang berperan sebagai hidrofil dan hidrofob yaitu ....

A. kolesterol dan fosfat
B. lipida dan fosfat
C. protein dan fosfolipid
D. periper protein dan integral
E. lipoprotein dan glikoprotein



Jawaban: B

Sel adalah unit struktural, fungsional, genetika dan pertumbuhan terkecil pada makhluk hidup. Sel tersusun atas beberapa komponen utama yaitu membran sel, inti sel, sitoplasma dan organel sel.

Membran sel atau membran plasma tersusun dari fosfolipid bilayer yang tersusun dari kepala (tersusun dari fosfat) bersifat suka air atau hidrofilik dan ekor (tersusun dari lipid) yang bersifat hidrofobik atau tidak suka air.

Salah satu fungsi dari membran plasma adalah sebagai pelindung, penyeleksi zat yang masuk dan keluar sel, pemisah antara sel dengan lingkungan luar.


SOAL 18

Fagositosis merupakan proses di mana sel-sel hidup tertentu yang disebut fagosit menelan sel-sel lain atau partikel. Hal ini dapat dilakukan sel hewan karena memiliki organel khusus untuk proses pencernaan. Organel berikut ini yang hanya dijumpai pada sel hewan dan berfungsi untuk pencernaan yaitu ....

A. kromosom
B. dinding sel
C. lisosom
D. sitoplasma
E. plastid



Jawaban: C

Kromosom adalah sebuah molekul DNA panjang yang mengandung sebagian atau seluruh materi genetik suatu organisme. Sebagian besar kromosom pada eukariota memiliki protein pengemas yang disebut histon yang, dibantu oleh protein pendamping, mengikat dan memadatkan molekul DNA untuk menjaga integritasnya.

Dinding sel adalah matriks ekstraseluler yang menyelubungi tiap sel sebagai pelindung dan pembentuk sel. Bagian dinding sel tersusun dari selulosa di saat sel berusia muda dan mengalami penumpukan lignin saat sel mulai menua. Dinding sel hanya ditemukan pada tumbuhan.

Lisosom hanya ditemukan pada sel hewan. Lisosom berisikan enzim-enzim hidrolitik untuk memecah polisakarida, lipid, fosfolipid, dan protein. Lisosom berperan dalam pencernaan intrasel, misalnya sel darah putih. lisosom membantu menghancurkan sel yang luka atau mati atau yang biasa disebut dengan autofagi.

Sitoplasma adalah bagian sel yang terbungkus membran plasma. Sitoplasma terdiri dari air, protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin. Sitoplasma berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan kimia sel yang penting bagi metabolisme sel, seperti enzim-enzim, ion-ion, gula, lemak dan protein.

Plastid adalah salah satu organel pada sel-sel (tumbuhan dan alga). Organel ini paling dikenal dalam bentuknya yang paling umum, kloroplas, sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. organ plastida merupakan organ yang hanya dimiliki tumbuhan saja. Plastid merupakan organel dengan dua membran (membran ganda), sehingga ada membran luar dan membran dalam.


SOAL 19

Sel-sel membutuhkan zat atau molekul untuk menjalankan semua aktivitas metabolisme. Beberapa zat yang diperlukan harus bergerak masuk ke dalam sel. Pergerakan molekul air dari konsentrasi air yang tinggi di luar sel menuju konsentrasi air yang rendah melalui membran selektif permeabel (semipermeabel) disebut dengan proses ....

A. difusi
B. osmosis
C. transport aktif
D. transport pasif
E. difusi terfasilitasi



Jawaban: A

Difusi atau pembauran adalah peristiwa mengalirnya atau berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah.

Osmosis adalah perpindahan molekul pelarut (misalnya air) melalui selaput semipermiabel dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat atau dari bagian yang konsentrasi pelarut rendah (hipotonis) ke konsentrasi pelarut tinggi (hipertonis).

Transpor aktif adalah pergerakan atau pemindahan yang menggunakan energi untuk mengeluarkan dan memasukkan ion–ion dan molekul melalui membran sel yang bersifat permeabel dengan tujuan memelihara keseimbangan molekul kecil di dalam sel.

Transpor pasif merupakan sistem tranportasi sel yang tidak menggunakan energi, melaikan secara langsung dan spontan. Dalam tranpor pasif, zat yang ditransportasikan adalah zat-zat nonpolar seperti glukosa, air, dan oksigen.

Difusi terfasilitasi sama dengan difusi sederhana tidak memerlukan energi, dan oleh karena itu aliran molekul berjalan searah dengan gradien konsentrasi. Bedanya, difusi terfasilitasi berlangsung dengan bantuan berbagai protein yang terdapat di membran plasma sehingga molekul-molekul yang ditransportkan tidak secara langsung berinteraksi dengan komponen-komponen membran yang bersifat hidrofobik


SOAL 20

Organ-organ pada sistem pencernaan manusia dapat dibedakan menjadi saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Berikut ini, organ-organ yang merupakan saluran pencernaan dan sekaligus kelenjar pencernaan adalah ....

A. Lambung dan Usus Halus
B. Pankreas dan Hati
C. Usus halus dan Hati
D. Lambung dan Hati
E. Pankreas dan Usus Halus



Jawaban: A

Proses pencernaan makanan juga melibatkan alat-alat pencernaan yang terdiri dari saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan.

Saluran pencernaan manusia tediri dari : rongga mulut, kerongkongan (esofagus), lambung (vetrikulus), usus halus, usus besar (kolon) dan anus.

Kelenjar pencernaan terdiri di air liur atau ludah, lambung, pankreas, Kelenjar empedu, Usus halus dan hati (hepar).

Berbagai Kelenjar Pencernaan

Berikut ini adalah bermacam-macam kelenjar yang termasuk dalam kelenjar pencernaan:

1. Kelenjar ludah
Fungsi utama kelenjar ludah adalah untuk menghasilkan air liur. Selain menghasilkan air liur, kelenjar ini juga berperan dalam menghasilkan enzim pencernaan, seperti lisozim, lipase lingual, dan amilase. Kelenjar ludah terletak di hampir semua bagian mulut, mulai dari di bagian atas pipi, di bawah rahang bagian bawah, dan di bawah lidah.

2. Lambung
Selain sebagai tempat menampung makanan dari kerongkongan, lambung juga memiliki fungsi lain, yaitu mengeluarkan enzim yang dapat membantu proses pencernaan. Enzim pencernaan yang dikeluarkan oleh lambung, meliputi pepsin, lipase, asam klorida (HCI), dan gastrin.

3. Kelenjar pankreas
Kelenjar yang juga ikut berperan dalam menghasilkan enzim pencernaan ialah kelenjar pankreas. Enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas meliputi lipase, amilase, protase, dan tripsin.

4. Usus halus
Usus halus juga turut serta dalam mengeluarkan sekelompok enzim yang berguna untuk memudahkan proses penguraian makanan dan membantu penyerapan nutrisinya. Enzim pencernaan yang dihasilkan oleh usus halus adalah maltase, sukrase, dan laktase.

5. Kelenjar empedu
Kelenjar empedu juga memegang peran penting dalam proses pencernaan makanan. Meski tidak menghasilkan enzim pencernaan, namun kelenjar empedu mengeluarkan hormon yang berguna untuk membantu proses pengenceran lemak di makanan.


SOAL 21

Eksoskeleton menawarkan perlindungan yang sangat baik bagi organ-organ internal dan menahan pembengkokan. Namun, untuk tumbuh, hewan dengan eksoskeleton harus mengganti kulit secara berkala. Selama berganti kulit, hewan ini sangat rentan terhadap predasi karena kerangka yang lama telah ditinggalkan. Contoh hewan yang mememiliki eksoskeleton dan harus melakukan pergantian kulit secara berkala adalah ....

A. Kupu-kupu dan Ular
B. Kupu-kupu dan Ular
C. Belalang dan Kupu-Kupu
D. Laba-Laba dan Kadal
E. Kadal dan Ular



Jawaban: C

Eksoskeleton (dari bahasa Yunani έξω, éxō "luar" dan σκελετός, skeletos "kerangka"), disebut juga rangka luar atau kerangka luar, adalah kerangka eksternal yang mendukung dan melindungi tubuh hewan, berbeda dengan kerangka internal (endoskeleton), misalnya, manusia.

Dalam penggunaan populer, beberapa jenis yang lebih besar dari eksoskeleton dikenal sebagai "cangkang". Contoh hewan eksoskeleton termasuk serangga seperti belalang dan kecoak, dan krustasea seperti kepiting dan lobster. Cangkang spons tertentu dan berbagai kelompok moluska bercangkang, termasuk dari siput, kerang, kerang gading, kiton dan nautilus, juga eksoskeleton.

Kupu-kupu memiliki rangka luar (Eksoskeleton). Rangka luarnya sebagian besar berupa lapisan kitin yang tidak tertembus air. Tubuh kupu-kupu dibedakan menjadi kepala (Cephal), dada (toraks), dan perut (abdomen) (Fleming 1983).

Beberapa hewan, seperti kura-kura, memiliki kedua endoskeleton dan eksoskeleton.


SOAL 22

Seseorang mengalami kondisi penyempitan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri akibat pola diet yang tinggi akan lemak dan rendah serat. Plak terdiri dari kolesterol, zat lemak, kalsium, dan fibrin (zat dalam darah). Penyakit yang diderita oleh orang tersebut adalah ....

A. Aterosklerosis karena terjadi penebalan arteri karena penumpukan lemak pada dinding arteri
B. Arteriosklerosis karena terjadi penebalan arteri karena penumpukan lemak pada dinding arteri
C. Stroke karena pasokan darah ke otak terganggu akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah
D. Penyakit Jantung Koroner pasokan darah yang mengandung banyak oksigen tidak berhasil mencapai otot jantung karena ada plak pada arteri koroner
E. Aritmia karena jantung tidak berdetak secara normal, melainkan menjadi berdetak lebih cepat atau berdetak lebih lamba



Jawaban: A

Perbedaan Arteriosklerosis dan Aterosklerosis

Arteriosklerosis adalah penyakit yang terbentuk akibat adanya kegagalan pembuluh darah dalam mengalirkan darah dan oksigen ke organ tubuh. Kondisi tersebut terjadi karena elastisitas arteri yang rusak. Pada usia yang masih muda, arteri biasanya bersifat fleksibel. Namun, seiring bertambahnya usia, arteri menjadi lebih keras dan tebal. Alasan utama untuk kondisi arteri yang mengeras dan menebal adalah dinding arteri membengkak. Hal ini umum terjadi kepada mereka yang termasuk kelompok usia tua.

Arteri pada mereka yang berusia masih muda dapat menahan turbulensi sirkulasi darah karena sifatnya yang masih elastis. Ketika tekanan darah naik, arteri yang sehat tersebut dapat mengatur aliran darah ke seluruh tubuh dengan baik. Sebaliknya, saat arteri mengeras dan menebal, maka pembuluh darah akan melemah dan tidak tahan terhadap tekanan darah yang sedang naik. Akibatnya, aliran darah akan tersumbat dan dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Aterosklerosis merupakan salah satu jenis dari arteriosklerosis. Aterosklerosis adalah penyakit yang ditandai dengan adanya penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lainnya pada dinding pembuluh arteri. Penumpukan zat tersebut akan menyebabkan plak pada dinding pembuluh darah yang akhirnya menyumbat aliran darah. Aliran darah yang menyempit dan tersumbat tidak dapat mengedarkan darah ke organ tubuh lainnya. Akibatnya, dapat menyebabkan penyakit jantung. Aterosklerosis dapat terjadi karena beberapa faktor seperti, obesitas, konsumsi rokok yang ekstensif, genetika, dan hipertensi. Meski memiliki perbedaan secara definisinya, dokter dapat menggunakan kedua istilah ini untuk penyakit yang ada hubungannya dengan pembuluh darah dan penyempitan pembuluh darah.


SOAL 23

Perhatikan tabel berikut!

Pasangan yang tepat antara penyusunan jaringan ikat dengan fungsinya ditunjukan oleh nomor ....

A. 1,2 dan 3
B. 1,2 dan 4
C. 2,3 dan 4
D. 2,4 dan 5
E. 3,4 dan 5



Jawaban: B

Jaringan ikat disusun oleh sel dan serabut/serat. Sel penyusun jaringan ikat meliputi fibroblas, makrofag, sel tiang/mast, sel plasma, sel pigmen, leukosit, sel lemak, dan sel mesenkim. Serbaut penyusun jaringan ikat meliputi serbaut kolagen, elastik, dan retikuler.



LATIHAN LAGI SOAL LAINNYA




Semoga Latihan SOAL PERSIAPAN UP - MODUL 2 PROFESIONAL KB-1 DAN KB-2 ini bermanfaat dan bisa memberikan semangat untuk selalu berlatih. Salam sukses!!!! ELPEDIA
AJAK TEMAN-TEMAN BELAJAR, dengan cara KLIK TOMBOL SHARE DI BAWAH INI!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp
Tags :

0 comments:

Posting Komentar