DOWNLOAD CONTOH LK- PPL DAN UKIN DAN UP PPG DALJAB 2022

BERANDA





Sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 8 yang menyebutkan bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan merupakan salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelesaikan dan menuntaskan sertifikasi guru dalam jabatan, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen.

Tujuan pemberian bantuan biaya pendidikan PPG Dalam Jabatan (Daljab) ini adalah untuk memfasilitasi dan memberikan kesempatan bagi Guru yang belum memiliki sertifikat pendidik untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik. Salah satu metode yang digunakan untuk melaksanakan Program Pendidikan Profesi Guru adalah dengan melakukan diklat secara daring. Diklat secara daring ini akan ditunjang dengan penggunaan LMS yang telah disediakan.



Sasaran dan Strategi Pencapaian Program PPG : Adapun Sasaran dan Strategi Pencapaian Program PPG adalah meliputi 6 (enam) kegiatan berikut :
  1. Penelitian, publikasi artikel jurnal, HAKI dan Akreditasi Prodi
  2. Penyelenggaraan dan pengembangan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan profesi lainnya yang menjadi rujukan dan professional
  3. Peningkatan Manajemen dan Sumber Daya
  4. Penataan Kelembagaan
  5. Peningkatan citra dan kemitraan internasional
  6. Peningkatan mutu pembinaan kemahasiswaan




Selama mengikuti kegiatan pendidikan profesi guru (PPG), peserta dituntut untuk menyelesaikan serangkaian kegiatan yang ditunjukkann dengan hasil kerja berupa unggahan tugas-tugas. serangkaian kegiatan selama perkuliahan PPG daljab 2022 diantaranya adalah sebagai berikut:

Pendalaman Materi

Pembelajaran Mata Kuliah ini dilaksanakan dalam bentuk analisis permasalahan pembelajaran yang ditemui dalam konteks kelas dan/atau sekolah dalam upaya pemecahan permasalahan tersebut. Permasalahan dapat meliputi literasi, numerasi, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills). Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas tiga langkah:
  1. identifikasi masalah,
    Dalam kegiatan identifikasi masalah, peserta PPG dituntut untuk mengunggah
    LK.1.1 identifikasi masalah
  2. eksplorasi penyebab masalah,
    Dalam kegiatan identifikasi masalah, peserta PPG dituntut untuk mengunggah
    LK.1.2 eksplorasi penyebab masalah
  3. penentuan penyebab masalah.
    Dalam kegiatan identifikasi masalah, peserta PPG dituntut untuk mengunggah.
    LK.1.3 penentuan penyebab masalah.
  4. Masalah terpilih yang akan diselesaikan
    Saudara diminta unggah LK. 1.4 Masalah terpilih yang akan diselesaikan yang telah disusun dan disimpan dalam format Pdf.
    Download : LK. 1.4 Masalah terpilih yang akan diselesaikan
Aktivitas pembelajaran ini dilakukan secara daring dengan beban belajar 4 (empat) sks.

Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Mata kuliah Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif) memiliki beban belajar 3 (tiga) sks. Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas empat langkah:
  1. Eksplorasi alternatif solusi,
    Kegiatan eksplorasi alternatif solusi dilakukan dengan cara mengeksplorasi sejumlah alternatif solusi untuk penyebab masalah yang sudah ditentukan, melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara guru/kepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan lainnya yang relevan, dan melakukan analisis pros dan cons (kekuatan dan kelemahan) masing-masing alternatif solusi.
    Download :LK. 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi
  2. Penentuan solusi,
    Kegiatan penentuan solusi dilakukan dengan cara melakukan analisis solusi yang paling relevan dari alternatif solusi yang telah dieksplorasi. Pada analisis penentuan solusi tersebut mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Selanjutnya mahasiswa mempresentasikan analisisnya terhadap solusi yang dipilihnya disertai dengan penjelasan mengapa ia menentukan solusi tersebut.
    Download :LK. 2.2 penentuan solusi
  3. Pembuatan Rencana Aksi,
    Kegiatan pembuatan rencana aksi dilakukan dengan membuat strategi implementasi berdasarkan pada pilihan solusi yang sudah diambil. Strategi implementasi ini dapat meliputi pembuatan perangkat ajar, atau hal-hal lainnya yang relevan terhadap pemecahan masalah yang telah diidentifikasi, serta relevan terhadap pilihan solusi. Dalam membuat strategi implementasi ini, mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Mahasiswa juga dapat menyusun strategi implementasi ini dengan kajian literatur, wawancara guru/kepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan lainnya yang relevan.

    Saudara di minta unggah dokumen RPP dan perangkat ke-1 yang telah disusun sesuai petunjuk pengiriman di bawah, meliputi:
    1. RPP
    2. bahan ajar
    3. Media Pembelajaran (menekankan pada pemanfaatan media berbasis AI, AR, dan VR)
    4. LKPD
    5. Kisi-kisi, Instrumen dan rubrik penilaian
    Simpan dokumen dalam format Pdf. file-file diatas bisa di download di link di bawah ini:

    Download :Pembuatan Rencana Aksi-1
    Berikut video Praktek Pembelajaran pertemuan-1

    Berikut video Praktek Pembelajaran pertemuan-1

    Download : Pembuatan Rencana Aksi-2

  4. Pembuatan Rencana Evaluasi
    Kegiatan pembuatan rencana evaluasi dilakukan dengan cara membuat rencana evaluasi sebagai dukungan pelaksanaan rencana aksi dan membuat strategi evaluasi secara rinci berdasarkan strategi implementasi yang sudah dibuat. Strategi evaluasi ini dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, dan dapat meliputi jurnal refleksi, video, lembar observasi, wawancara, survei kepada murid/guru/kepala sekolah/pengawas sekolah /orang tua, artifak hasil belajar murid, dan sebagainya. Dalam membuat strategi evaluasi ini, mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Mahasiswa juga dapat menyusun strategi evaluasi ini dengan melakukan kajian literatur, wawancara gurukepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar, dan lainnya yang relevan.

    Pada kegiatan ini, Saudara akan memperoleh penjelasan dan bimbingan dari dosen/guru pamong dalam membuat rencana evaluasi sebagai dukungan pelaksanaan rencana aksi dan menyusun strategi evaluasi berupa instrumen rencana evaluasi sesuai dengan rencana aksi terpilih.

    Berikut Arsip Pembuatan Rencana Evaluasi yang bisa di download untuk dijadikan contoh untuk mengerjakan tugas saudara.

    Download : Pembuatan Rencana Evaluasi




Program PPG yang dilaksanakan ini dinamakan Pendidikan Profesi Guru Kategori I. Program ini dirancang agar guru memiliki kemampuan literasi teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology literacy), inovasi (innovation), serta keterampilan berbahasa (language skills) yang digunakan untuk mengelola pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Dengan demikian lulusan yang dihasilkan memiliki karakter unggul, kompetitif, dan cinta tanah air. Selain itu lulusan juga memiliki kemampuan era revolusi industri 4.0 yang mengutamakan berpikir kritis (critical thinking), pemecahan masalah (problem solving), komunikasi (communication), kolaborasi(collaboration), dan kreativitas (creativity).





Jika berkenan, silahkan beri ulasan di kolom komentar. Terima Kasih.
Jika Sobat ingin membagikannya ke teman-teman, Silahkan KLIK TOMBOL BERBAGI DI BAWAH INI!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp
Tags :

1 comments: