Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star

Di akhir perkuliah praktik pembelajaran, peserta PPG daljab akan mendapatkan tugas yaitu Menyusun Best Practices. Dalam kegiatan ini, mahasiswa PPG daljab akan diminta mengunggah tagihan file dalam bentuk PDF (file PDF best practice) dan mengunggah File dalam bentuk video cerita praktik baik (video best practice). Berikut Video Best Practice:



Untuk pengisian Menyusun Best Practice dapat saudara lihat contoh berikut ini:

LK 3.1 Menyusun Best Practice

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran:

Lokasi : ....

Lingkup Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah

Tujuan yang ingin dicapai :
1. Untuk meningkatkan motivasi peserta didik pembeljaran IPA
2. Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PjBL sebagai pembelajaran inovatif.

Penulis : ...
Tanggal : ...


Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Jawaban:
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :
  1. Peserta didik terlihat kurang minat dalam pembelajaran IPA.
  2. Guru menggunakan model pembelajaran yang digunakan sesuai kebiasaan saja dengan metode yang monoton berdasarkan apa yang mudah dan nyaman untuk diterapkan.
Dari kedua poin diatas dapat diambil kesimpulan bahwa selama ini peserta didik kurang berminat dalam mempelajari IPA dalam hal ini materi zat adiktif. Sehingga guru seringkali mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi tersebut kepada peserta didik.

Praktek pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena saya kira banyak rekan guru yang mengalami permasalahan sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktek ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri, diharapkan juga bisa menjadi referensi atau alternatif solusi bagi rekan guru lain.

Saya berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.


Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Jawaban:
Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur, penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan motivasi peserta didik terhadap pelajaran IPA materi zat adiktif dan pemanfaatan pembelajaran inovatif yang belum optimal, antara lain :
  1. Penggunaan metode yang dilakukan guru belum tepat dalam mengajarkan IPA sehingga menyebabkan pemahaman peserta didik terhadap pelajaran IPA materi zat adiktif masih kurang.
  2. Guru kurang variatif dan kreatif dalam penggunaan media dalam mengajarkan IPA materi zat adiktif sehingga menyebabkan motivasi peserta didik rendah dalam belajar.
  3. Guru kurang aktif dalam mengakses atau mencari model-model pembelajaran yang inovatif di internet sehingga menyebabkan pemanfaatan pembelajaran inovatif belum optimal.
Dari penyebab diatas, tantangan yang dihadapi guru adalah :
  1. Pemilihan metode pembelajaran yang variatif sehingga peserta didik merasa tetarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.
  2. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi peserta didik.
  3. Pemilihan model pembelajaran yang digunakan yang tepat dan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik peserta didik.
Dilihat dari ketiga tantangan tersebut dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi dan yang harus dimiliki oleh guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional, sedangkan dari peserta didik adalah minat belajar peserta didik.


Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Jawaban:
Tantang di atas harus segera diatasi, sebab jika tidak akan sangat mengganggu proses belajar selanjutnya. Beberapa langkah yang saya lakukan adalah sebgai berikut:
  1. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, langkah yang saya lakukan adalah dengan melakukan pendekatan persuasif personal pada siswa baik dalam pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Saya meyakinkan siswa bahwa belajar IPA sangat menyenangkan dan bermanfaat. Untuk membangkitkan motivasi di kelas, setiap awal masuk kelas, saya selalu mengajak bernyanyi bersama, yaitu : dengan berbekal alat musik gitar, kemudian peserta didik saya ajak menyanyikan lagu pengantar pembelajaran.
  2. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas saya menerapkan pembelajaran inovatif yang dapat membangkitkan aktivitas belajar siswa, diantaranya adalah PBL dan PjBL.

    Untuk PBL, langkah-langkah pembelajaran yang saya lakukan adalah:
    1. Orientasi masalah
      • Peserta didik mengamati video yang ditanyangkan berisi berita: “Sidak Pasar, BPOM Temukan Boraks dan Zat Pewarna Tekstil Pada Makanan” dan "Penggunaan Formalin Pada Produk Makanan Masih Terjadi"
      • Peserta didik diberi kesempatan bertanya danmenanggapi tayangan yang telah ditonton.
    2. Mengorganisasi peserta didik
      • Peserta didik membentuk kelompok-kelompok kecil (3-4 0rang).
      • Guru memberikan arahan dalam kegiatan pembelajaran dengan membagikan LKPD kepada setiap kelompok.
      • Peserta didik membaca literatur dan mengerjakan LKPD dengan diskusi kelompok.
    3. Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
      • Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi bahan aditif pada suatu produk bahan makanan yang didapatkan dari berbagai referensi.
      • Mendorong dan memotivasi peserta didik untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi.
      • Guru mengamati kegiatan setiap kelompok dan membimbing saat diskusi untuk memberikan penilaian kerjasama dalam kelompok.
    4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
      • Perwakilan kelompok mempresentasikan jenis-jenis bahan aditif yang dipakai pada suatu produk makanan dengan tepat.
      • Setiap perwakilan kelompok presentasi, guru memberikan apresiasi positif untuk peserta didik yang mewakili kelompoknyaagar menjaga motivasi setelah menyelesaikan tugasnya.
    5. Menganalisis dan mengevaluasi prosespemecahan masalah.
      • Peserta didik diarahkan oleh guru untuk menyimpulkan pengelompokkan zat yang terkandung dalam makanan yang dibutuhkan oleh manusia.

    Untuk PjBL, langkah-langkah pembelajaran yang saya lakukan adalah:
    1. Penentuan pertanyaan mendasar
      • Pada awal bagian ini guru memberi apersepsi dengan mengajukan pertanyaan yang mengarah/relevan dengan materi yang dibahas yaitu: Adakah di antara kamu yang gemar minum kopi atau teh? Pernahkan kalian sakit? Obat Apa yang kamu konsumsi? Ketika selesai mengkonsumsi Obat, bagaimana rasanya? Guru menyampaikan tujuan dan prosedur pembelajaran sesuai kengiatan pada buku siswa dan manfaat mempelajari zat adiktif dan psikotropika.
    2. Mendesain perencanaan proyek
      • Membimbing penetapan proyek yang akan dibuat terkait materi zat adiktif.
      • Membimbing bahan dan alat yang dingunakan dalam membuat model.
    3. Menyusun jadwal
      • Peserta didik penjadwalan penyelesaian proyek.
      • Membimbing pembuatan deadline dantimeline penyelesaian proyek
      • Memberikan materi saluran zat adiktif kepada siswa
    4. Pengamatan peserta didik
      • Memonitor aktivitas peserta didik selamapenyelesaian proyek dengan laporan hasil kerja kelompok.
    5. Penilaian
      • Penilaian terhadap model proyek saluran pencernaan makanan yang dibuat oleh tiap kelompok
      • Penilaian terhadap paparan model proyek yang dibuat.

  3. Penggunaan Media IT saya gunakan untuk mengatasi masalah dalam penyampaian materi agar lebih efektif, efisien dan menarik. dalam pembelajaran ini saya lebih banyak menggunakan Media IT berupa blog saya sendiri (elpedia), di mana di dalamnya sudah tersedia berbagai macam modul, video pembelajaran, kuis interaktif dan soal penilaian harian.

    Proses pembuatan media ini dimulai dari mempelajari materi yang akan dibuat medianya, kemudian guru menyiapkan dan merancang kode html, java script, jQuery,bosstrab dll yang diperlukan dalam pembuatan media Blog, setelah itu guru memulai membuat media sesuai rancangan. Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran Blog ini antara lain pengetahuan guru bahasa coding, seperti Kode html, Java script, Jquery dll.


Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Jawaban:
Penggunakan model pembelajaran PBL dan PJBL yang saya terapkan pada Aksi 1 dan Aksi 2 yang masing-masing aksi dilakukan dalam 2 kali pertemuan, hasil yang saya lakukan bersama teman sejawat setelah proses pembelajaran, serta dampaknya pada siswa adalah: Pada penerapan model PBL
  1. Pemilihan metode yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik terlihat dari kegiatan peserta didik saat pembelajaran.
  2. Pemilihan model pembelajaran PBL menumbuhkan berfikir kritis peserta didik terlihat dari tanggapan dan jawaban yang dilontarkan oleh guru saat pembelajaran.
  3. Penggunaan media Blog membantu pamahaman peserta didik tentang konsep IPA materi zat adiktif dan dibuktikan dengan hasil pembelajaran peserta didik mampu membuat produk poster dan mampu memaparkan di depan kelas.
Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, dapat dilihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran. Peserta didik memberikan refleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik serta mudah dipahami. Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan oleh penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model, dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat. Pembelajaran yang dapat diambil dari proses dan kegiatan yang telah dilakukan oleh guru adalah guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih media, metode, dan model pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp
Tags :

0 comments:

Posting Komentar