Soal Harian HOTS - Klasifikasi Makhluk Hidup

UJIAN
Hai Sobat elpedia!! Berikut ini adalah Soal . Yuk Gaes!!!..Persiapkan diri kamu, Buktikan bahwa kamu HEBAT!!!
SELAMAT MENGERJAKAN

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang kamu anggap benar!


SOAL 1

Pada sore hari di musim kemarau, Lantip melihat daun-daun mahoni di belakang rumah berjatuhan ke tanah. Peristiwa terebut merupakan ciri pohon mahoni mengggurkan daunnya setiap musim kemarau tiba. Ciri makhluk hidup berdasarkan peristiwa tersebut adalah ....

A. Bergerak
B. Tumbuh dan berkembang
C. Beradaptasi
D. Berkembangbiak



Jawaban: C

Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk mempertahankan hidupnya. Contohnya pohon menggugurkan daunnya di musim kemarau, untuk mengurangi proses transpiran agar kebutuhan air dan nutrisi dalam tubuh tumbuhan terjaga.


SOAL 2

Lebdo berada di sebuah kota dengan kepadatan lalu lintas kendaraan bermotor yang tinggi serta keberadaan pabrik yang banyak, sehingga dapat mengganggu salah satu fungsi/proses yang menjaga kelangsungan kehidupan di sekitarnya. Fungsi yang dimaksud adalah ....

A. Respirasi
B. Fotosintesis
C. Reproduksi
D. Ekskresi



Jawaban: A

Respirasi adalah proses menghasilkan energi dengan memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana. Proses respirasi umumnya memecah molekul gula sederhana menjadi karbon dioksida, uap air dan energi. Semua jenis jasad renik melakukan respirasi. Dalam pengertian kegiatan kehidupan sehari-hari, respirasi dapat disamakan dengan pernapasan. Namun, istilah respirasi mencakup proses-proses yang juga tidak tercakup pada istilah pernapasan. Respirasi terjadi pada semua tingkatan organisme hidup, mulai dari individu hingga satuan terkecil, sel. Apabila pernapasan biasanya diasosiasikan dengan penggunaan oksigen sebagai senyawa pemecah, respirasi tidak melulu melibatkan oksigen.


SOAL 3

Pada saat Andri pergi ke kebun binatang, Andri menemukan dua jenis hewan yang mempunyai nama ilmiah Canis familiaris dan Canis lupus. Berdasarkan hal tersebut, kedua hewan menunjukkan ....

A. jenis dan marganya sama
B. sama jenis, beda marga
C. beda jenis, sama marga
D. jenis dan marganya beda



Jawaban: C

Pada dua hewan dengan nama Canis familiaris dan Canis lupus, menunjukan bahwa kedua hewan berasal dari jenis yang berbeda, namun berasal dari marga yang sama (marga : Canis). Pada penulisan nama orgaanisme, kata pertama menunjukan genus (marga) dan kata kedua menunjukan spesies (jenis)


SOAL 4

Saat melakukan pengamatan terhadap hewan-hewan yang ada di lingkungan sekolah, Andi dan Budi menemukan hewan-hewan dengan ciri-ciri berikut:
  1. Tubuhnya beruas-ruas
  2. Memiliki tiga pasang kaki
  3. Pada bagian kepala terdapat dua pasang antenna
  4. Memiliki sepasang mata majemuk
  5. Memiliki rangka luar dari zat kitin yang keras
Berdasarkan ciri-ciri tersebut, hewan yang diamati Andi dan Budi termasuk anggota kelompok ....

A. Myriapoda
B. Arachnida
C. Crustaceae
D. Insecta



Jawaban: D

Ciri-ciri Insecta :
  1. Tubuhnya beruas-ruas
  2. Memiliki tiga pasang kaki atau enam buah kaki (heksapoda)
  3. Tubuhnya tersusun atas tiga bagian, yaitu caput (kepala), toraks (dada) dan abdomen (perut)
  4. Pada bagian kepala terdapat sepasang mata majemuk (faset), sepasang antena dan mulut
  5. Memiliki rangka luar (eksoskeleton) yang mengandung zat kitin (zat tanduk)



SOAL 5

Seorang siswa melakukan pengamatan di air kolam yang ada di sekolahnya.Ia membawa sampel air kolam tersebut ke laboratorium, untuk diamati dengan mikroskop. Organisme yang dapat teramati dari mikroskop adalah ....

A. Entamoeba
B. Stentor
C. Trypanosoma
D. Paramecium



Jawaban: D

Organisme yang dapat ditemukan di air kolam adalah Paramecium. Paramecium merupakan salah satu Protista mirip hewan yang habitat utamanya adalah air tawar. Paramecium sendiri berasal dari Filum Ciliophora atau bergerak dengan cilia. Sedangkan, Entamoeba, Trypanosoma dan Paramecium umumnya hidup di dalam tubuh organisme lain sebagai parasit.


SOAL 6

Untuk dapat mengamati bakteri, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengembangbiakan bakteri. Media yang paling sesuai untuk mengembangbiakan bakteri adalah ....

A. kaldu steril
B. nutrien agar
C. hati sapi steril
D. ekstrak kentang



Jawaban: B

Media yang sesuai untuk mengembangbiakan bakteri adalah nutrien agar.


SOAL 7

Dalam pengamatan mikroskup ditemukan makhluk hidup dengan ciri-ciri sebagai berikut: tubuh bersel satu, bergerak bebas, tubuh transparan, memiliki dua inti yang satu lebih besar dari yang lain, tubuhnya ditumbuhi rambut.

Dari data-data tersebut, maka termasuk jenis ....

A. Euglena
B. paramaezium
C. spirogira
D. amoeba



Jawaban: D

Paramaezium termasuk protozoa dengan ciri-ciri tubuh bersel satu, berambut getar atau silia. Kalau euglena termasuk protozoa yang tubuhnya mempunyai flagel


SOAL 8

Perhatikan tabel berikut !

Pasangan yang tepat antara aktivitas makhluk hidup dan ciri makhluk hidup adalah ....

A. A – III
B. B – I
C. C – II
D. D – IV



Jawaban: A

Tumbuhan kantong semar dapat mengeluarkan aroma khusus yang dapat mengundang serangga untuk datang. Serangga yang mendekati dan masuk ke dalam kantong akan terjebak dalam cairan yang ada di dalamnya. Bagian dalam kantong semar dilapisi oleh lapisan lilin yang sangat licin, membuat serangga yang tergelincir kesulitan untuk naik. Cairan ini mengandung zat khusus yang dapat mencerna rangka serangga (Memerlukan Nutrisi)


SOAL 9

Perhatikan hewan-hewan berikut!
  1. ikan bandeng
  2. belalang
  3. ular
  4. udang
  5. sapi
  6. kerbau
Hewan 1) dan 3) dikelompokkan menjadi kelompok A. Hewan 2) dan 4) dikelompokkan menjadi kelompok B. Hewan 5) dan 6) dikelompokkan menjadi kelompok C.

Pengelompokan hewan tersebut didasarkan pada ....

A. cara perkembangbiakan
B. tempat hidup
C. penutup
D. alat gerak



Jawaban: A

Ikan bandeng melakukan perkembangbiakan secara eksternal yang mirip dengan perkembangbiakan pada ular secara ovovivipar Belalang dan udang berkembang biak secara bertelur Sapi dan kerbau berkembang biak secara vivipar (melahirkan)


SOAL 10

Perhatikan ciri-ciri hewan berikut ini!
  1. Tubuh ditutupi sisik,
  2. Bernafas dengan insang, dan
  3. Berkembang biak dengan bertelur
Berdasarkan ciri-ciri di atas, hewan tersebut termasuk kelompok ....

A. Pisces
B. Aves
C. Reptil
D. Amfibi



Jawaban: A

Hewan dengan ciri-ciri berikut ini! 1) Tubuh ditutupi sisik, 2) Bernafas dengan insang, 3) Berkembang biak dengan bertelur Merupakan ciri-ciri kelompok Pisces.



ULANGI LAGI SOAL LAINNYA

close

Semoga Latihan Soal ini bermanfaat dan bisa memberikan semangat untuk selalu berlatih. Salam sukses!!!! ELPEDIA
AJAK TEMAN-TEMAN BELAJAR, dengan cara KLIK TOMBOL SHARE DI BAWAH INI!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp

0 comments:

Posting Komentar