Khutbah Jum'at: Jalan Keselamatan




إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه.
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ
أَمَّا بَعْدُ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

Ma’asyiral muslimin rakhimakumullah,
Sudah sepantasnya kita memanjatkan syukur kehadirat Allah SwT atas berbagai limpahan nikmat-Nya, sehingga kita masih bisa menunaikan ibadah Jum'at hari ini.

Juga shalawat beserta salam mari kita haturkan kepada uswah hasanah kita Nabi Muhammad saw. Semoga kita bisa meneladani kemulian akhlaknya.

Tak lupa, lewat mimbar Jumat ini, khatib mengajak kepada diri pribadi dan para jamaah untuk senantisa menjaga iman dan taqwa, sebab keduanya sering kali naik turun.
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Wahai yang membolak-balikan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu (HR. Tirmidzi).

Lalu mengapa kita perlu menjaga iman dan taqwa? Sebab Allah SwT berfirman :

إِنَّ أَكۡرَمَكُمۡ عِندَ ٱللَّهِ أَتۡقَىٰكُمۡۚ

Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Setiap manusia pasti menginginkan keselamatan dalam hidupnya dan tidak ingin celaka. Terlebih lagi orang beriman, keselamatan dunia dan akhirat menjadi dambaannya. Untuk mendapatkan keselamatan itu tentu setiap individu harus berusaha sebaik mungkin.  Jika ingin selamat di dunia, maka dia harus menghindarkan dirinya dari hal-hal yang dapat mencelakakannya. Begitu pula jika ingin selamat di akhirat, maka dia harus melakukan amalan-amalan yang dapat mengantarkannya ke jalan keselamatan itu.

Keselamatan di akhirat berupa terbebas dari azab neraka dan diberi anugerah surga merupakan cita-cita tertinggi setiap orang yang beriman. Tetapi, ada syarat yang harus dipenuhi untuk mencapai itu semua. Al-Qur’an telah menunjukkan rute agar manusia selamat di jalan kehidupan. Petunjuk tersebut harus menjadi pegangan bagi orang beriman agar tidak tergelincir ke dalam jurang kebinasaan.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Pertama, Beriman dan berjihad. Iman merupakan syarat mutlak agar seorang hamba memperoleh keselamatan di hari kemudian. Keimanan itu harus diwujudkan dengan semangat jihad fi sabilillah. Allah berfirman:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَىٰ تِجَارَةٍ تُنْجِيكُمْ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ . تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih. Engkau beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya.” (Q.S. ash-Shaff [61]:10-11).

Quraish Shihab dalam tafsir al-Mishbah menyebutkan, perniagaan yang dimaksud dalam ayat ini adalah perjuangan di jalan Allah. Oleh sebab itu, manusia harus beriman kepada Allah dan Rasul-Nya yang diwujudkan dengan meningkatkan iman dan senantiasa memperbaharuinya setiap saat. Selain itu, manusia juga berjihad yakni senantiasa bersungguh-sungguh untuk mencurahkan apa yang dimiliki berupa tenaga, pikiran, waktu, dan dengan harta  dan jiwa masing-masing di jalan Allah.

Lebih lanjut Quraish Shibab menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan kata tijarah dalam ayat ini adalah amal-amal saleh. Memang al-Qur’an sering kali menggunakan kata itu untuk makna tersebut. Hal ini disebabkan karena motivasi beramal saleh oleh banyak orang adalah untuk memperoleh ganjaran, persis seperti perniagaan yang dijalankan seseorang guna meraih keuntungan.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Kedua, bertaqwa kepada Allah. Ketaqwaan menjadi keharusan untuk mencapai ridha Allah sehingga berhak untuk menjadi penghuni surga-Nya. Keistimewaan yang diberikan kepada orang bertaqwa adalah terselamatkan dari pedihnya azab neraka. Allah berfirman:
وَيُنَجِّي اللَّهُ الَّذِينَ اتَّقَوْا بِمَفَازَتِهِمْ لَا يَمَسُّهُمُ السُّوءُ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

“Dan Allah menyelamatkan orang-orang yang bertaqwa karena kemenangan mereka, mereka tiada disentuh oleh azab (neraka dan tidak pula) mereka berduka cita.” (Q.S. az-Zumar [39]: 61).

Buya Hamka dalam tafsir al-Azhar menyebutkan bahwa perjalanan hidup untuk mencapai taqwa tidak selalu bertemu jalan datar bertabur kembang semata. Bahkan sebaliknya, duri dan onak, akar dan rotan kadang menjadi penghalang di tengah jalan perjuangan. Jalan keimanan tidak luput dari ujian dan rintangan. Apabila manusia mampu melewatinya, maka naiklah martabat taqwanya. Artinya dia telah memperoleh kemenangan yang menyelamatkannya dari azab.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Ketiga, Berpegang teguh dengan ajaran al-Qur’an. Ini adalah jalan keselamatan yang pasti dalam lalu lintas kehidupan, karena al-Qur’an merupakan pedoman hidup yang utama bagi orang beriman. Tidak ada petunjuk yang lebih utama selain al-Qur’an yang sudah terjamin kebenarannya. Allah berfirman:
يَّهْدِيْ بِهِ اللّٰهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَهٗ سُبُلَ السَّلٰمِ وَيُخْرِجُهُمْ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِ بِاِذْنِهٖ وَيَهْدِيْهِمْ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ

“Dengan Kitab itulah Allah memberi petunjuk kepada orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan Kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang itu dari gelap gulita kepada cahaya dengan izin-Nya, dan menunjukkan ke jalan yang lurus.” (Q.S. al-Maidah [5]: 16).

Al-Qur’an merupakan pelita yang menerangi jalan kehidupan manusia. Segala macam persoalan yang dihadapi manusia ada solusinya dalam al-Qur’an. Oleh karena itu, Orang yang mengikuti petunjuk al-Qur’an tidak akan tersesat dalam hidupnya. Sebaliknya orang yang jauh dari al-Qur’an, maka kehidupan yang dia jalani tidak terarah kepada jalan yang benar.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Semoga kita menjadi hamba Allah yang memperoleh keselamatan baik di dunia maupun di akhirat, hingga memperoleh tempat istimewa di sisi-Nya kelak. Oleh sebab itu, kita harus senantiasa istiqamah untuk mencari jalan keselamatan itu berdasarkan petunjuk kitab suci al-Qur’an.
بَارَكَ اللهُ لِي وَ لَكُمْ فِي الْقُرْانِ الْعَظِيْمِ, وَ نَفَعَنِي وَ إِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاَيَاتِ وَ الذِّكْرِ الْحَكِيْمِ
وَ تَقَبَّلَ مِنّي وَ مِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ




اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ. وَ الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَي آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
يَآأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا اتَّقُوْا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Jamaah Jum’at Rahimakumullah,
...... Marilah kita akhiri pertemuan yang mulia ini dengan berdoa, semoga Allah SwT berkenan memberikan kita kemampuan untuk melaksanakan anjuranNya sehingga kita meraih kesuksesan dan kebahagaiaan dunia akhirat. Aamiin
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ الاَحْيِاءِ مِنْهُمْ وَالاَمْوَاتِ اِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ وِ يَا قَاضِيَ الحَاجَاتِ
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِاْلإِيْمَانِ وَلاَتَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِّلَّذِيْنَ ءَامَنُوْا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ. اَللَّهُمَّ افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْن وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
Sumber: https://suaramuhammadiyah.id/read/khutbah-jum-at-jalan-keselamatan





Jika berkenan, silahkan beri ulasan di kolom komentar. Terima Kasih.
Jika Sobat ingin membagikannya ke teman-teman, Silahkan KLIK TOMBOL BERBAGI DI BAWAH INI!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp

0 comments:

Posting Komentar