Hadits Tentang Khasiat Habbatu Sauda (Jintan Hitam)




Nigella sativa adalah tanaman yang tumbuh pada kawasan Asia Barat, Timur Tengah, Eropa Selatan, dan Afrika Utara. Tumbuhan semak ini memiliki buah dengan bentuk seperti biji hitam kecil yang bernama habbatussauda.

Di dalam kitab Shahih Bukhari Bab al-Habbah as-Sauda’, ada dua hadis yaitu:
عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا سَمِعَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: إِنَّ هَذِهِ اْلحَبَّةَ السَّوْدَاءَ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلاَّ مِنَ السَّامِ. قُلْتُ: وَمَا السَّامُ؟ قَالَ: اَلْمَوْتُ

Artinya: “Diriwayatkan dari Aisyah bahwa dia mendengar Nabi saw bersabda: “Sesungguhnya al-Habbah as-Sauda’ ini adalah kesembuhan (obat) dari setiap penyakit kecuali dari as-Sam”. Kataku (Aisyah): Apa itu as-Sam? Jawab Nabi saw: “Kematian”.”

Dan hadis:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: فِي اْلحَبَّةِ السَّوْدَاءِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلاَّ السَّامِ قَالَ ابْنُ شِهَابٍ: وَالسَّامُ اْلمَوْتُ، وَاْلحَبَّةُ السَّوْدَاءُ الشُّونِيزُ

Artinya: “Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa dia mendengar Rasulullah saw bersabda: “Di dalam al-Habbah as-Sauda’ itu ada kesembuhan (obat) bagi setiap penyakit takingcialis.com kecuali as-Sam” Ibn Syihab berkata: As-Sam itu adalah kematian dan al-Habbah as-Sauda’ itu adalah as-Syuniz (nama lain dari al-Habbah as-Sauda’/jintan hitam).”

Sedang di dalam kitab Shahih Muslim Bab Berobat dengan al-Habbah as-Sauda’ juga ada dua hadis, yaitu:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: فِي اْلحَبَّةِ السَّوْدَاءِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلاَّ السَّامِ. وَالسَّامُ اْلمَوْتُ وَاْلحَبَّةُ السَّوْدَاءُ الشُّونِيزُ

Artinya: “Dari Abu Hurairah bahwa dia mendengar Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya di dalam al-Habbah as-Sauda’ itu ada kesembuhan (obat) bagi setiap penyakit kecuali as-Sam”. Dan as-Sam itu adalah kematian dan al-Habbah as-Sauda’ itu adalah as-Syuniz (nama lain dari al-Habbah as-Sauda’/jintan hitam).

Dan hadis:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَا مِنْ دَاءٍ إِلاَّ فِي اْلحَبَّةِ السَّوْدَاءِ مِنْهُ شِفَاءٌ إِلاَّ السَّامُ.

Artinya: “Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda: “Tiada suatu penyakit kecuali di dalam al-Habbah as-Sauda’ ada kesembuhan (obat), kecuali kematian”.”

Benarkah al-Habbah as-Sauda’ ini obat untuk semua penyakit? Untuk memahami hadits ini lebih mendalam kita harus merujuk kepada para pensyarah (pemberi keterangan) hadits. Ibn Hajar al-Asqalani mengatakan: “Maksud al-Habbah as-Sauda’ itu merupakan kesembuhan (obat) bagi setiap penyakit ialah, bahwa ia tidak dipakai pada semua penyakit begitu saja, tetapi kadang-kadang dipakai sendirian dan kadang-kadang dipakai dengan campuran bahan lainnya, kadang-kadang dipakai dengan ditumbuk hingga halus dulu dan kadang-kadang tidak, kadang-kadang dimakan, diminum, dimasukkan hidung, ditempelkan dan lainnya.

Dan ada yang mengatakan: sabda Nabi: “dari segala penyakit” itu maksudnya dari segala penyakit yang bisa diobati dengannya, karena al-Habbah as-Sauda’ itu memang bermanfaat bagi penyakit-penyakit dingin, sedang penyakit-penyakit panas itu tidak. (lihat kitab Fathul Bari, 10/144). Hal ini menunjukkan bahwa al-Habbah as-Sauda’ adalah obat yang sangat berfaidah dan banyak terdapat pada zaman Nabi Muhammad saw, namun cara berobat dengannya perlu dipelajari.

Jadi pada dasarnya, kita perlu berobat ketika sakit dengan obat-obat yang sesuai dengan macam penyakitnya, bukan hanya dengan al-Habbah as-Sauda’.

Adapun mengenai derajat keshahihan hadits di atas, perlu diketahui bahwa para ulama ahli hadits dari kalangan ahlus sunnah wal jama’ah sepakat bahwa seluruh hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari di dalam kitab Shahihnya itu adalah hadits shahih. Demikian pula seluruh hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dalam kitab Shahihnya. Dan hadis yang lebih shahih dari itu adalah hadis yang diriwayatkan oleh keduanya di dalam kitab Shahih masing-masing.

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi tanaman jintan hitam menawarkan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Beberapa termasuk:

1. Membantu menurunkan gejala asma
Asma adalah penyakit kronis yang menyebabkan pembengkakan saluran pernapasan. Kondisi ini memicu penyempitan otot pada area tersebut sehingga mengakibatkan pengidapnya kesulitan bernapas.

Gejala tersebut bisa kamu atasi dengan menggunakan minyak jintan hitam. Nutrisi pada tanaman ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan mengendurkan otot saluran pernapasan. Dengan begitu, gejala asma bisa membaik.

2. Mengontrol kadar gula darah
Kadar gula darah yang tinggi menjadi pemicu penyakit kronis, salah satunya diabetes. Jika tidak terkendali, penyakit ini dapat memicu komplikasi, seperti penyakit ginjal, gangguan mata, hingga stroke.

Selain menggunakan pengobatan utama, kamu bisa mengonsumsi suplemen dengan bahan dasar jintan hitam untuk mengontrol kadar gula darah. Namun, pastikan untuk mendiskusikannya dengan dokter sebelum memakainya, ya.

Selain menggunakan habbatussauda, kamu juga bisa menurunkan gula darah dengan konsumsi daun kelor. Ketahui alasannya dengan klik artikel berikut → Alasan Daun Kelor Mampu Menurunkan Gula Darah.

3. Habbatussauda untuk mengatasi peradangan tubuh
Faktanya, sifat antiinflamasi pada jintan hitam efektif membantu mengatasi peradangan yang ada dalam tubuh. Jika tidak mendapatkan penanganan dengan baik, masalah ini berpotensi memicu sakit kronis, seperti penyakit kencing manis, penyakit jantung, hingga kanker yang membahayakan nyawa.

4. Menjaga kesehatan rambut
Selain itu, kandungan antioksidan dalam habbatussauda mampu menjaga kesehatan rambut lebih optimal. Tanaman herbal ini juga membantu membuat rambut lebih kuat, bersinar, dan lebih lebat.

Guna mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa menggunakan minyak habbatussauda sebagai masker rambut alami. Kamu juga bisa menambahkan minyak kelapa agar kesehatan rambut semakin optimal.

5. Mempercepat proses penyembuhan luka
Kemudian, minyak habbatussauda memiliki kandungan senyawa thymoquinone. Senyawa ini mampu merangsang pertumbuhan jaringan dan mempercepat proses penyembuhan luka. Khasiatnya berasal dari sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan dalam tanaman. Tanaman herbal ini dapat membantu mengatasi luka bakar, eksisi, hingga luka akibat penyakit kencing gula.

6. Habbatussauda mendukung kesehatan kulit
Selain penggunaan medis, minyak jintan hitam juga bisa kamu gunakan secara topikal untuk membantu mendukung kesehatan kulit. Sifat antimikroba dan antiinflamasinya dapat membantu mengatasi beberapa keluhan, seperti: Jerawat, Eksim, Kulit kering, dan Psoriasis.

7. Meningkatkan kesehatan otak
Neuroinflammation merupakan peradangan jaringan pada otak. Kondisi ini memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit pada masa depan, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Faktanya, senyawa thymoquinone dalam minyak jintan dapat mengurangi peradangan saraf. Hal ini berdampak pada penurunan risiko penyakit Alzheimer atau Parkinson. Meski bermanfaat, tetap perlu ada penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat ini.

8. Minyak habbatussauda bersifat antijamur
Selain itu, minyak habbatussauda terbukti memiliki aktivitas antijamur. Mengonsumsinya dapat membantu melindungi dari Candida albicans yang merupakan ragi pemicu kandidiasis. Jenis jamur ini menginfeksi mulut dan organ intim.

9. Mencegah infertilitas pria
Penelitian terbatas menunjukkan bahwa minyak jintan hitam dapat meningkatkan kualitas air mani pada pria dengan kondisi infertilitas. Gangguan ini memicu masalah fungsi seksual, seperti kesulitan ejakulasi, penurunan hasrat seksual, atau sulit ereksi.


ARTIKEL LAINNYA


REFERENSI

https://tarjih.or.id/penjelasan-hadis-tentang-khasiat-habbatu-sauda-jintan-hitam/
Healthline. Diakses pada 2023. Black Seed Oil: Health and Beauty Benefits.
Yusra Al Dhaheri a, Adil Farooq Wali b *, Imra Akbar c, Saiema Rasool d, Maryam Razmpoor b, Salma Jabnoun b, Summya Rashid e. Diakses pada 2023. Black Seeds (Nigella Sativa).
Healthline. Diakses pada 2023. What Is Black Seed Oil? All You Need to Know.
Web MD. Diakses pada 2023. Black Seed: Are There Health Benefits?
Complementary Therapies in Medicine. Diakses pada 2023. Effects of Black Seed (Nigella sativa) on Metabolic Parameters in Diabetes Mellitus: a Systematic Review.
Phytotherapy Research. Diakses pada 2023. Nigella sativa Supplementation Improves Asthma Control and Biomarkers: A Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled Trial.
Journal of Integrative Medicine. Diakses pada 2023. A case study report of acute renal failure associated with Nigella sativa in a diabetic patient.




close

Jika berkenan, silahkan beri ulasan di kolom komentar. Terima Kasih.
Jika Sobat ingin membagikannya ke teman-teman, Silahkan KLIK TOMBOL BERBAGI DI BAWAH INI!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp
Tags :

0 comments:

Posting Komentar