SOAL WAWANCARA PPPK PREDIKSI PERTAYAAN DAN JAWABAN TERBAIK


SOAL 1

Apabila anda di angkat menjadi Pegawai ASN PPPK, apakah anda bersedia di tempatkan di seluruh wilayah Indonesia, berikan alasan anda ...




Jawaban:

Saya bersedia ditempatkan dimana saja karena saya merasa menjadi bagian dari masyarakat indonesia. Saya tidak membeda bedakan tempat kerja, dimanapun saya bekerja saya akan tetap profesional menjalankan tugas.



SOAL 2

Apa motivasi anda menjadi PPPK?




Jawaban:

Saya ingin menjadi pegawai PPPK agar
  1. Ingin mengabdikan diri menjadi PPPK untuk negara dan melayani masyarakat
  2. Mengembangkan kemampuan diri agar menjadi pegawai yang profesional




SOAL 3

Apa pendapat anda tentang profesionalisme Aparat Sipil Negara (ASN) ...




Jawaban:

ASN yang profesional adalah ASN yang mumpuni dalam jabatan sebagai ASN yang meliputi kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosio kultural
  • ASN yang memiliki integritas dan kejujuran dalam bekerja
  • Mampu bekerjasama dengan rekan baik seprofesi maupun tidak dalam satu profesi
  • Melayani publik secara proporsional
  • Senantiasa mengembangkan diri untuk meningkatkan pelayanan pada negara dan masyarakat dan berperan aktif dalam membantu rekan untuk pengembangan dirinya
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang efektif
  • Siap dalam beradaptasi dan pandai dalam mengelola perubahan ke arah yang lebih baik
  • Berani mengambil keputusan yang tepat
  • Menjalankan tugas dengan baik dan berorientasi hasil
  • Memiliki kemampuan sesuai dengan jabatan yang di emban atau kompetensi teknis
  • Memiliki jiwa sosial dan terbuka dalam perbedaan (sosio kultural)




SOAL 4

Apa pendapat anda tentang Guru Profesional ?




Jawaban:

Guru profesional adalah guru yang mimiliki 4 kompetensi jabatan guru yaitu kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial

Kompetensi Pedagogik Guru adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didikMengapa anda memilih profesi guru?

Kompetensi Kepribadian berkaitan dengan karakter personal. Ada indikator yang mencerminkan kepribadian positif seorang guru yaitu: supel, sabar, disiplin, jujur, rendah hati, berwibawa, santun, empati, ikhlas, berakhlak mulia, bertindak sesuai norma sosial & hukum, dll.

Kompetensi Profesional Guru adalah kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki supaya tugas-tugas keguruan bisa diselesaikan dengan baik.

Kompetensi Sosial berkaitan dengan keterampilan komunikasi, bersikap dan berinteraksi secara umum, baik itu dengan peserta didik, sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa, hingga masyarakat secara luas



SOAL 5

Apakah pendapat anda tentang pengajar dan pendidik, apa perbedaaannya?




Jawaban:

Seorang pendidik sudah pasti bisa mengajar, namun seorang pengajar belum tentu bisa mendidik. Seorang guru dituntut untuk dapat melakukan keduanya; mengajar dan mendidik.

guru juga menjadi seorang pendidik, yang artinya menanamkan nilai-nilai budi pekerti dan akhlak yang baik.

Menjadi guru sebagai pengajar artinya bertanggungjawab terhadap permasalahan akademis, melakukan suatu tindakan untuk membuat orang lain mengerti, atau paham akan sesuatu



SOAL 6

Apa pendapat anda tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan implementasi pekerjaan anda terhadap hal tersebut?




Jawaban:

Pancasila adalah dasar negara indonesia artinya seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah negara Indonesia termasuk peraturan perundang-undangan merupakan mencerminkan dari nilai-nilai Pancasila.

Implementasi terhadap pekerjaan saya adalah saya akan melaksanakan pekerjaan saya sebagai pendidik dan pengajar sesui dengan aturan yang berlaku yang dibuat oleh pemerintah. Saya juga akan ikut berperan menjadi bagian terdepan dalam menanamkan nilai nilai pancasila untuk anak didik saya, mengajarkan mereka untuk bertindak sesuai dengan nilai pancasila.



SOAL 7

Apa pendapat Anda tentang lagu Indonesia Raya ...




Jawaban:

Lagu Indonesia raya adalah lagu kebangsaan bagi negara indonesia. Lagu Indonesia Raya adalah gambaran perasaan nasional yang memiliki makna salah satunya menggambarkan semangat dan cita-cita bangsa Indonesia yang tertulis dalam lirik demi lirik lagu.

Lagu Indonesia adalah termasuk identitas nasional. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga terhadap lagu indonesia dan senantiasa menjiwai apa yang terkandung di dalamnya. Mencintai lagu Indonesia merupakan bagian dari cinta tanah air dan rasa nasionalisme kita.



SOAL 8

Jelaskan apa pancasila menurut anda ?




Jawaban:

Pancasila merupakan ideologi negara indonesia : rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Lima ideologi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada alinea ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-Undang Dasar 1945.

Pancasila adalah dasar negara indonesia : seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah negara Indonesia termasuk peraturan perundangundangan merupakan mencerminkan dari nilai-nilai Pancasila.

Pancasila adalah pandangan hidup bangsa indonesia bahwa semua aktifitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan Pancasila



SOAL 9

Apabila anda menjadi guru profesional apakah anda bersedia ditempatkan diwilayah di seluruh wilayah Indonesia?




Jawaban:

Saya bersedia ditempatkan dimana saja diseluruh indonesia karena bagi saya guru profesional adalah guru yang siap menjalankan tugas sebagai pengajar dan pendidik dimana saja, pada siapa saja untuk mencerdaskan generasi muda penerus bangsa.



SOAL 10

Apa motivasi anda menjadi guru?




Jawaban:

Jawaban terbaik Menjadi guru bagi saya adalah kesempatan untuk mengabdi kepada negara dan mengabdi kepada masyarakat, ikut menjadi bagian dalam mencerdaskan masyarakat indonesia dan generasi muda penerus bangsa demi kemajuan bangsa.




LATIHAN LAGI SOAL LAINNYA
close




Jika berkenan, silahkan beri ulasan di kolom komentar. Terima Kasih.
Jika Sobat ingin membagikannya ke teman-teman, Silahkan KLIK TOMBOL BERBAGI DI BAWAH INI!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp
Tags :

0 comments:

Posting Komentar