3 DESTINASI WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI SAAT ANDA KE BANDUNG

Jika sobat elpedia berwisata ke Bandung untuk berlibur, ada beberapa destinasi wisata yang perlu sobat ketahui. Bandung dengan julukan kota kembang memiliki banyak destinasi wisata yang memanjakan mata dan dapat dijadikan pilihan untuk berwisata bersama keluarga. Berikut ini beberapa destinasi wisata yang ada di Bandung untuk dijadikan tujuan wisata sobat elpedia.

1. KAWAH PUTIH

Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Jawa Barat yang terletak di kaki Gunung Patuha. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Danau Kawah Putih sendiri berada pada ketinggian 2194 m tapi luas total Danau Kawah Putih 25 ha yang dipakai wisata 5 ha dan lokasi kawah sendiri 3 ha.

Perairannya yang berwarna biru kristal berubah dengan kondisi cuaca, dan dilapisi dengan pasir putih halus, memberikan pengunjung pengalaman dunia lain. Bahkan vegetasi di sekitar area ini sangat berbeda dengan yang di bawah.

Di kawasan wisata kawah putih ini udaranya sangat dingin dan sejuk, di sarankan untuk pengunjung melengkapi pakaiannya dengan mengenakan jaket atau penghangat tubuh lainnya. Selain itu, gunakan masker karena di kawasan wisata kawah putih ini bau belerang menyengat.

2. MASJID AL JABAR

Masjid Raya Al-Jabbar (bahasa Arab: مسجد الجامع الجبار), atau yang lebih dikenal dengan Masjid Terapung Gedebage adalah sebuah masjid yang berada di kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Menghabiskan uang negara sebesar kurang lebih 1 triliun dari dana APBD, masjid ini mulai dibangun pada tahun 2017 di atas danau buatan dan baru selesai pada tahun 2020.


Di masa lalu, kawasan Gedebage merupakan rawa-rawa bernama Muras Geger Hanjuang. Rawa-rawa ini adalah bekas peninggalan Danau Bandung Purba. Di akhir abad 19, rawa-rawa ini mulai mengering dan dijadikan persawahan. Perusahaan kereta api negara, Staatsspoorwegen (SS) membangun kereta api yang menghubungkan Bandung dan Cicalengka di tengah rawa-rawa ini. Gedebage menjadi sebuah kecamatan setelah Kota Bandung dimekarkan pada tahun 2006. Pemekaran ini membuat kawasan ini menjadi ramai karena perumahan-perumahan baru mulai dibangun di sana.

Pembangunan masjid dimulai tanggal 29 Desember 2017, ditandai upacara peletakan batu pertama oleh mantan Gubernur Ahmad Heryawan dan mantan Wakil Gubernur Deddy Mizwar. Pembangunan sempat terhenti pada tahun 2020 karena pandemi COVID-19, dan kembali dilanjutkan satu setengah tahun kemudian, tepatnya tanggal 24 Agustus 2021. Setelah melewati masa pembangunan selama 5 tahun, masjid ini akhirnya diresmikan pada 30 Desember 2022 oleh Gubernur Ridwan Kamil.

Saat di Masjid ini, pengunjung serasa berada di timur tengah, karena struktur bangunan yang mengadopsi bangungan dari timur tengah. Juga keberadaan pohon kurma di sekitar masjid yang menambah suasana negara timur tengah.

3. KAWAH TANGKUBAN PARAHU

Tangkuban Parahu) adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter.


Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Daerah Gunung Tangkuban Parahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17oC pada siang hari dan 2 °C pada malam hari.

Di sekitar kawah gunung tangkupan perahu, di sediakan tempat foto / foto spot yang dilengkapi dengan safety. Sehingga para pengunjung merasa nyaman dan tidak perlu kawatir dengan keselamatannya. Selain itu, pengunjung yang meneggunakan kendaraan besar sepert Bus, travel di sediakan kendaraan Ontang-anting oleh warga sekitar.

Bagi pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh khas tangkupan perahu, di sekitar kawah ada banyak stand yang menyediakan berbagai macam produk dagangan khas tangkupan parahu. Bagi pengunjung yang tertarik membeli barang, setiap bertransaksi di sarankan untuk menawar barang.
close

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp
Tags :

0 comments:

Posting Komentar