Destinasi Wisata di Nganjuk yang Lagi Hits dan Memukau untuk berselfie Ria

Hai sobat elpedia! jika kamu punya rencana berlibur ke Kabupaten Nganjuk, jangan sampai melewatkan beberapa destinasi wisata yang ada di nganjuk. Penting mencari informasi seputar destinasi wisata yang dituju agar saat berlibur ada gambaran seperti apa letak geografis, medan dan panorama yang ada. berikut ini beberapa destinasi wisata yang ada di wilayah kabupaten Nganjuk.

1. Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo adalah sebuah air terjun dan objek wisata yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibu kota kabupaten Nganjuk. Berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, ketinggian air terjun ini sekitar 105 meter. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup baik, dan jalur transportasi yang mudah diakses.

Keindahan alam di sekitarnya yang masih sangat alami serta kesejukan hawa pegunungan, membuat Sedudo sangat menarik untuk dikunjungi. Untuk kenyamanan wisatawan, berbagai fasilitas telah dibangun, seperti kamar mandi, ruang ganti, tempat istirahat, parkir kendaraan, kios makanan dan minuman, souvenir dan kios buah-buahan. Bagi anda yang hobi berpetualang, ada banyak air terjun dan pemandangan alam lainnya disekitar wilayah ini yang bisa anda kunjungi sekaligus memacu adrenalin anda, sementara itu, disepanjang perjalanan menuju ke kawasan ini, anda akan disuguhi panorama alam yang indah berupa aliran sungai, kebun bunga mawar, hutan dan pegunungan.



Harga tiket masuk air terjun Sedudo cukup murah, kurang lebih berikut listnya :
  • Tiket Masuk : Rp. 10.000 per orang.
  • Parkir Motor : Rp. 2000 per kendaraan.
  • Parkir Mobil : Rp. 5000 per kendaraan.
Usai membayar tiket masuk di gerbang utama, kalian masih harus jalan kaki untuk menuju lokasi air terjun. Rute dari tempat parkir menuju lokasi air terjun cukup mudah, kalian tinggal menuruni tangga selama sekitar 5 menit saja untuk mencapai air terjun Sedudo.

2. Air Terjun Singokromo

Tempat liburan di Nganjuk yang selanjutnya adalah Air Terjun Singokromo. Air Terjun Singokromo merupakan air terjun dengan debit aliran air yang deras. Ya, walaupun ketinggian air terjun ini hanya 20 meter, namun debit aliran airnya cenderung sangat deras.



Di bagian bawah air terjun ini ada areal kubangan yang bisa dimanfaatkan untuk sekedar berendam dan bermain air.Bila dibandingkan dengan beberapa objek wisata air terjun di Nganjuk yang lainnya, air terjun ini tergolong masih belum begitu populer.

Selain itu, fasilitas wisata yang tersedia di tempat ini pun juga masih sangat minim. Kabar baiknya, karena belum banyak terjamah tangan manusia, kondisi alam di sekitar air terjun ini menjadi tetap terjaga dengan baik.

Jika ingin kesini, Anda tinggal meluncur ke Kec. Sawahan, tepatnya di Desa Ngliman, Kab. Nganjuk, Jawa Timur. Letak air terjun ini tidak terlalu jauh dari letak Air Terjun Sedudo yang telah kita bahas sebelumnya.

Sedangkan jika Anda berangkat dari pusat Kota Nganjuk, air terjun ini hanya berjarak sekitar 3 km saja, sehingga benar – benar sangat mudah untuk diakses.

3. Watu Lawang

Nggak begitu jauh dari Air Terjun Sedudo, kamu bisa nih mengunjungi Bukit Watu Lawang yang menarik sekaligus instagramable. Pasalnya, di destinasi wisata Nganjuk ini, kamu bisa menemukan banyak spot foto menarik.

Dari atas bukitnya, terlihat dengan jelas deretan air terjun cantik yang menambah cantik foto-foto yang bakal sobat tiket dapatkan. Di sana juga tampak banyak batuan dari ukuran kecil hingga besar yang unik untuk jadi spot fotomu.

Apalagi lokasinya juga asri dan ditumbuhi banyak pohon pinus. Wah, makin betah nih di Bukit Watu Lawang.



  • Harga: tiket masuk mulai dari Rp6.000/orang*
  • Parkir Motor : Rp. 2000 per kendaraan.
  • Parkir Mobil : Rp. 5000 per kendaraan.
  • Jam & hari buka: setiap hari, pukul 08.00-16.00 WIB
Alamat: Hutan, Ngliman, Kec. Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64475

4. Candi Ngetos

Candi Ngetos terletak di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, sekitar 17 kilometer arah selatan kota Nganjuk. Bangunannya terletak ditepi jalan beraspal antara Kuncir dan Ngetos. Menurut para ahli, berdasarkan bentuknya candi ini dibuat pada abad XV (kelimabelas) yaitu pada zaman kerajaan (Majapahit).



Dan menurut perkiraan, candi tersebut dibuat sebagai tempat pemakaman raja Hayam Wuruk dari Majapahit. Bangunan ini secara fisik sudah rusak, bahkan beberapa bagiannya sudah hilang, sehingga sukar sekali ditemukan bentuk aslinya.

Lokasi bangunan kuno ini berada di alamat Jl Ngetos-Brebek, Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Dari pusat Kota Nganjuk, kita bisa berkendara ke arah selatan. Yaitu ke arah Kecamatan Brebek. Kemudian menuju Kecamatan Ngetos di Jl. Ngetos Brebek.
  • HTM: Rp. 5.000,-
  • Buka/Tutup: 06.00 – 18.00
  • Telepon: 0852-3362-1649
Di tengah perjalanan kita akan langsung menjumpai lokasi wisata sejarah tersebut di sisi kiri jalan

5. Gunung Wilis

Gunung Wilis adalah sebuah gunung berapi (non-aktif) yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Pegunungan Wilis memiliki banyak puncak salah satunya yang tertinggi bernama puncak Trogati dengan ketinggian 2.563 meter di atas permukaan laut (mdpl), gugusan pegunungan wilis termasuk dalam wilayah enam kabupaten dan satu wilayah Kota yaitu Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek.



Gunung Wilis mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

6. Agrowisata Nganjuk

Jika kamu tertarik dengan kegiatan pertanian maka datanglah ke agrowisata yang ada di Desa Gondang, Wilangan, Sukomoro dan Rejoso. Ketika disini kamu dapat melihat proses budidaya bawang merah.



Kamu bisa memperoleh pengalaman berharga dengan ikut serta membantu petani merawat bawang merah ini. Kamu juga bisa mencari spot foto pemandangan yang bagus di desa ini karena letaknya tepat berada di kaki gunung.

Alamat: Ngliman, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

7. Jurang Gatuk

Wisata alam yang terletak di Desa Gondang Kecamatan Pare menawarkan keindahan alam yang tiada duanya. Karena tempat ini ada di tengah pegunungan yang masih asri. Pemandangan ini semakin lengkap karena kamu akan mudah menemukan persawahan milik warga setempat.



Objek wisata utama dari Jurang Gatuk adalah air terjun yang sangat tinggi, namun airnya begitu segar, jernih dan bersih. Sehingga tempat ini sangat cocok dijadikan tempat refreshing.

Demikianlah ulasan berbagai tempat wisata di kabupaten nganjuk ini, selain menikmati alamnya yang indah kita juga bisa belajar tentang tradisi masyarakat sekitar. Salam healing...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp
Tags :

0 comments:

Posting Komentar