PEMBAHASAN SOAL PERSIAPAN UP - MODUL 2 PROFESIONAL IPA KB-1 DAN KB-2

Hai Sobat elpedia!! Berikut ini adalah PEMBAHASAN SOAL PERSIAPAN UP - MODUL 2 PROFESIONAL IPA KB-1 DAN KB-2. Yuk Gaes!!!..Persiapkan diri untuk menghadapi ujian
SELAMAT MENGERJAKAN

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang kamu anggap benar!


SOAL 1

Perhatikan gambar sel berikut ini!

Bagian gambar yang bertanda Y berfungsi sebagai ...

A. Mengatur seluruh kegiatan sel
B. Tempat berlangsungnya respirasi
C. Penghasil zat warna hijau pada daun
D. Tempat berlangsungnya sintesis protein
E. Penyimpan cadangan makanan di dalam sel



Jawaban: C



Membran Sel
Adalah bagian sel tumbuhan yang bersifat hanya bisa dilalui oleh zat khusus/tertentu saja (semipermeabel). Membran sel ini berfungsi sebagai tempat keluar masuknya zat serta melindungi bagian organel sel.

Sitoplasma
Adalah bagian organel sel yang berbentuk cairan dan memiliki fungsi sebagai pelekat organel sel yang lain.

Nukleus
Adalah inti sel yang berfungsi sebagai pengatur kehidupan sel.

Mitokondria
Adalah bagian organel sel yang berfungsi dalam proses metabolism dan respirasi sel.

Ribosom
Adalah tempat terjadinya proses sintesis protein.

Retikulum Endoplasma
Adalah bagian organel sel yang memiliki fungsi dalam mensintesis protein dan mengeluarkan zat berbahaya. Terdapat 2 macam RE, yaitu Retikulum Endoplasma kasar (REk) dan Retikulum Endoplasma halus (REh). Fungsi dari Retikulum Endoplasma kasar adalah untuk mensintesis protein di dalam sel. Sedangkan fungsi dari Retikulum Endoplasma halus (REh) adalah mensintesis lemak atau lipid.

Badan Golgi
Fungsi dari badan golgi adalah melaksanakan fungsi ekskresimengeluarkan zat kimia setelah Retikulum Endoplasma mensintesis protein dan lemak dari dalam sel.

Dinding Sel
Adalah organel/bagian sel yang terletak paling luar. Dinding sel berfungsi untuk melindungi sel. Dinding sel bersifat kaku dan keras.

Vakuola
Adalah suatu rongga atau kantung yang dikelilingi oleh membran dan berisi cairan.

Plastida (Kloroplas)
Adalah organel sel tumbuhan dan fungsinya sebagai pembawa pigmen. Tumbuhan dapat berfotosintesis dengan baik karena terdapat kloroplas yang memiliki pigmen klorofil hijau. Selain itu, fotosintesis juga dibantu oleh cahaya matahari, air, dan karbon dioksida.

Peroksisom atau Badan Mikro
Adalah organel sel yang berfungsi memproses asam lemak agar berubah menjadi komponen gula (metabolisme)

Mikrotubulus
Adalah organel sel yang berbentuk benang silindris panjang dan berongga. Organel ini berfungsi untuk mempertahankan bentuk dan berfungsi dalam pembentukan flagella, silia, dan sentriol.


SOAL 2

Organel sel yang mengandung enzim dan dapat mencerna polisakarida, fosfolipid, lipi, dan protein. Selain itu juga berfungsi untuk mencerna dan menguraikan organel sel yang tua atau telah rusak, juga berperan di dalam proses kematian sel (autolisis). Organel sel tersebut adalah ....

A. Ribosom
B. Mitokondria
C. Badan golgi
D. Membran sel
E. Lisosom



Jawaban: E

Ribosom adalah organel ukuran kecil dan padat yang terdapat dalam sel dan berperan sebagai tempat sintesis protein.

Mitokondria (bahasa Inggris: mitochondrion, jamak: mitochondria) adalah organel dengan membran ganda yang ditemukan pada sebagian besar organisme eukariotik. Mitokondria menghasilkan sebagian besar suplai adenosina trifosfat (ATP) pada sel, yang digunakan sebagai sumber energi kimia. Oleh karena itu, mitokondria disebut sebagai "pembangkit tenaga" pada sel.

Badan Golgi (disebut juga aparatus Golgi, kompleks Golgi atau diktiosom) adalah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel, dan struktur ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa. Organel ini terdapat hampir di semua sel eukariotik dan banyak dijumpai pada organ tubuh yang melaksanakan fungsi ekskresi, misalnya ginjal.

Membran sel (bahasa Inggris: cell membrane, plasma membrane, plasmalemma) adalah membran semipermeabel pada sebuah sel yang mengelilingi dan membungkus isi sitoplasma dan nukleoplasma. Membran sel memisahkan sel dari cairan interstitial (komponen utama dari cairan ekstraseluler) di sekitarnya. Pembentukan membran sel dilakukan dengan bahan dasar berupa lipoprotein yang dibentuk oleh lemak dan protein.

Lisosom adalah organel bermembran yang ditemukan pada banyak sel hewan. Bentuknya berupa vesikel bulat yang mengandung enzim hidrolitik yang mampu memecah berbagai jenis biomolekul. Lisosom bertindak sebagai sistem "pembuangan sampah" sel dengan mencerna material bekas pakai di sitoplasma, baik dari dalam maupun dari luar sel.


SOAL 3

Respirasi seluler adalah proses perombakan molekul organik kompleks yang kaya akan energi potensial menjadi produk limbah yang berenergi lebih rendah (proses katabolik) pada tingkat seluler. Organel yang berperan dalam proses ini adalah ....

A. kompleks golgi
B. kloroplas
C. nukleus
D. mitokondria
E. ribosom



Jawaban: D

Badan Golgi (disebut juga aparatus Golgi, kompleks Golgi atau diktiosom) adalah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel, mengeluarkan zat kimia setelah Retikulum Endoplasma mensintesis protein dan lemak dari dalam sel.

Plastida (Kloroplas)
Adalah organel sel tumbuhan dan fungsinya sebagai pembawa pigmen. Tumbuhan dapat berfotosintesis dengan baik karena terdapat kloroplas yang memiliki pigmen klorofil hijau. Selain itu, fotosintesis juga dibantu oleh cahaya matahari, air, dan karbon dioksida.

Nukleus adalah inti sel yang berfungsi sebagai pengatur kehidupan sel. Fungsi utama nukleus adalah untuk menjaga integritas gen-gen tersebut dan mengontrol aktivitas

Mitokondria (bahasa Inggris: mitochondrion, jamak: mitochondria) adalah organel dengan membran ganda yang ditemukan pada sebagian besar organisme eukariotik. Mitokondria menghasilkan sebagian besar suplai adenosina trifosfat (ATP) pada sel, yang digunakan sebagai sumber energi kimia. Oleh karena itu, mitokondria disebut sebagai "pembangkit tenaga" pada sel dalam proses metabolism dan respirasi sel.

Ribosom adalah organel ukuran kecil dan padat yang terdapat dalam sel dan berperan sebagai tempat sintesis protein.


SOAL 4

Fagositosis merupakan proses di mana sel-sel hidup tertentu yang disebut fagosit menelan sel-sel lain atau partikel. Hal ini dapat dilakukan sel hewan karena memiliki organel khusus untuk proses pencernaan. Organel berikut ini yang hanya dijumpai pada sel hewan dan berfungsi untuk pencernaan yaitu ....

A. kromosom
B. dinding sel
C. lisosom
D. sitoplasma
E. plastid



Jawaban: C

Kromosom adalah sebuah molekul DNA panjang yang mengandung sebagian atau seluruh materi genetik suatu organisme. Sebagian besar kromosom pada eukariota memiliki protein pengemas yang disebut histon yang, dibantu oleh protein pendamping, mengikat dan memadatkan molekul DNA untuk menjaga integritasnya.

Dinding sel adalah matriks ekstraseluler yang menyelubungi tiap sel sebagai pelindung dan pembentuk sel. Bagian dinding sel tersusun dari selulosa di saat sel berusia muda dan mengalami penumpukan lignin saat sel mulai menua. Dinding sel hanya ditemukan pada tumbuhan.

Lisosom hanya ditemukan pada sel hewan. Lisosom berisikan enzim-enzim hidrolitik untuk memecah polisakarida, lipid, fosfolipid, dan protein. Lisosom berperan dalam pencernaan intrasel, misalnya sel darah putih. lisosom membantu menghancurkan sel yang luka atau mati atau yang biasa disebut dengan autofagi.

Sitoplasma adalah bagian sel yang terbungkus membran plasma. Sitoplasma terdiri dari air, protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin. Sitoplasma berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan kimia sel yang penting bagi metabolisme sel, seperti enzim-enzim, ion-ion, gula, lemak dan protein.

Plastid adalah salah satu organel pada sel-sel (tumbuhan dan alga). Organel ini paling dikenal dalam bentuknya yang paling umum, kloroplas, sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. organ plastida merupakan organ yang hanya dimiliki tumbuhan saja. Plastid merupakan organel dengan dua membran (membran ganda), sehingga ada membran luar dan membran dalam.






SOAL 5

Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan karbohidrat sebagai zat makanan dari bahan anorganik yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun (klorofil). Pada sel tumbuhan, organel yang berfungsi sebagai tempat penimbunan zat makanan yaitu ....

A. sitosol
B. nukleus
C. ribosom
D. sitoplasma
E. leukoplas



Jawaban: E

Leukoplas merupakan plastida yang tidak berwarna pada sel tumbuhan dan biasanya terdapat pada organ penyimpanan makanan cadangan seperti biji dan umbi. Ada tiga macam leukoplas, yaitu:
  1. Amiloplas untuk menyimpan amilum.
  2. Elaioplas untuk membentuk dan menyimpan lemak.
  3. Proteoplas untuk menyimpan protein.



SOAL 6

Perhatikan gambar berikut ini!

Pasangan yang tepat antara nama jaringan-fungsinya-alasan kecocokan antara jaringan dan fungsinya pada gambar di samping adalah ....

A. Palisade-fotosintesis-selnya panjang berjajar rapat
B. Bunga karang-fotosintesis-mengandung klorofil
C. Stoma-fotosintesis-mempunyai banyak pori
D. Xilem-berkas pengangkut-mengandung klorofil
E. Epidermis-pelindung-lapisan selnya tebal



Jawaban: B

Struktur bagian dalam daun:

1. Epidermis
Epidermis merupakan lapisan sel hidup terluar. Jaringan yang satu ini terbagi menjadi epidermis atas dan epidermis bawah. eperdermis ini mempunyai fungsi untuk melindungi jaringan yang terdapat di bawahnya.

2. Jaringan mesoļ¬l terbagi 2, yakni:
  • Jaringan tiang (jaringan palisade), yaitu suatu jaringan yang mengandung banyak kloroplas yang berfungsi dalam suatu proses pembuatan makanan. salah satu ciri-ciri jaringan ini yaitu sel-selnya yang berbentuk silinder dan tersusun rapat.
  • Jaringan bunga karang (jaringan spons), yaitu sebuah jaringan yang lebih berongga bila dibandingkan dengan suatu jaringan palisade. jaringan ini mempunyai fungsi untuk sebagai tempat menyimpan suatu cadangan makanan.
3. Berkas pembuluh angkut terbagi 2, yaitu:
  • Xilem (pembuluh kayu) yang pada akar mempunyai fungsi sebagai untuk mengangkut air dan mineral menuju daun, sedangkan pada suatu batang, xilem mempunyai fungsi sebagai sponsor penegak suatu tumbuhan.
  • Floem (pembuluh tapis) berfungsi untuk mengedarkan suatu hasil fotosintesis dari daun ke semua bagian tumbuhan.
4. Jaringan tambahan pada daun
Meliputi sel-sel khusus yang pada umumnya terdapat pada sebuah mesofil daun, yang misalnya sel- sel kristal dan kelenjar.

5. Stomata
Stomata berfungsi untuk sebagai organ respirasi. stomata mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan suatu bahan fotosintesis, yang mengeluarkan O2 sebagai sebuah hasil fotosintesis. stomata ini terletak di epidermis bawah. selain stomata, tumbuhan tingkat tinggi juga bernapas melalui sebuah lentisel yang terletak pada sebuah batang. Jika terdapat banyak dinamakan STOMATA, jika hanya terdapat 1 buah dinamakan STOMA.


SOAL 7

Perhatikan gambar organel sel hean berikut ini:

Organel X berfungsi untuk ....

A. sekresi zat
B. pembentukan ATP
C. sintesis protein
D. transportasi zat
E. penguraian glukosa



Jawaban: A



Membran Sel
Adalah bagian sel tumbuhan yang bersifat hanya bisa dilalui oleh zat khusus/tertentu saja (semipermeabel). Membran sel ini berfungsi sebagai tempat keluar masuknya zat serta melindungi bagian organel sel.

Sitoplasma
Adalah bagian organel sel yang berbentuk cairan dan memiliki fungsi sebagai pelekat organel sel yang lain.

Nukleus
Adalah inti sel yang berfungsi sebagai pengatur kehidupan sel.

Mitokondria
Adalah bagian organel sel yang berfungsi dalam proses metabolism dan respirasi sel.

Ribosom
Adalah tempat terjadinya proses sintesis protein.

Retikulum Endoplasma
Adalah bagian organel sel yang memiliki fungsi dalam mensintesis protein dan mengeluarkan zat berbahaya. Terdapat 2 macam RE, yaitu Retikulum Endoplasma kasar (REk) dan Retikulum Endoplasma halus (REh). Fungsi dari Retikulum Endoplasma kasar adalah untuk mensintesis protein di dalam sel. Sedangkan fungsi dari Retikulum Endoplasma halus (REh) adalah mensintesis lemak atau lipid.

Badan Golgi
Fungsi dari badan golgi adalah melaksanakan fungsi sekresi atau ekskresi mengeluarkan zat kimia setelah Retikulum Endoplasma mensintesis protein dan lemak dari dalam sel.

Dinding Sel
Adalah organel/bagian sel yang terletak paling luar. Dinding sel berfungsi untuk melindungi sel. Dinding sel bersifat kaku dan keras.

Vakuola
Adalah suatu rongga atau kantung yang dikelilingi oleh membran dan berisi cairan.

Plastida (Kloroplas)
Adalah organel sel tumbuhan dan fungsinya sebagai pembawa pigmen. Tumbuhan dapat berfotosintesis dengan baik karena terdapat kloroplas yang memiliki pigmen klorofil hijau. Selain itu, fotosintesis juga dibantu oleh cahaya matahari, air, dan karbon dioksida.

Peroksisom atau Badan Mikro
Adalah organel sel yang berfungsi memproses asam lemak agar berubah menjadi komponen gula (metabolisme)

Mikrotubulus
Adalah organel sel yang berbentuk benang silindris panjang dan berongga. Organel ini berfungsi untuk mempertahankan bentuk dan berfungsi dalam pembentukan flagella, silia, dan sentriol.


SOAL 8

Perhatikan gambar di bawah ini!

Pada gambar ditunjukkan hasil penelitian pada organisasi kehidupan pada tingkat ....

A. Populasi
B. Komunitas
C. Individu
D. Ekosistem
E. Biomasa



Jawaban: B


Individu merupakan tingkat ekologi paling rendah yaitu satu jenis organisme. Misalnya, seekor kupu-kupu, seekor sapi, seekor ikan, seekor paus, seekor harimau, sebatang pohon kelapa, dan seorang manusia.

Populasi adalah sekumpulan individu dengan ciri-ciri yang sama (spesies) yang hidup di tempat yang sama dan memiliki kemampuan bereproduksi di antara sesamanya.

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, dan pada umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Jawaban yang paling mendekati : Komunitas (sebenarnya komunitas tidak bisa diwakili hanya 1 individu saja)

Ekosistem adalah kumpulan dari komunitas makhluk hidup. Tidak hanya komunitas yang merupakan faktor biotik, ekosistem juga mencakup faktor abiotik.

Biomassa adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut semua senyawa organik yang berasal dari tanaman pertanian, alga, dan sampah organik. Pengelompokan biomassa terbagi menjadi biomassa kayu, biomassa bukan kayu, dan biomassa sekunder. Biomassa juga dapat dikategorikan menjadi limbah pertanian, limbah kehutanan, tanaman kebun energi, dan limbah organik.


SOAL 9

Berikut ini adalah dokumentasi hasil eksplorasi di suatu daerah tertentu!

Berdasarkan dokumentasi tersebut, tingkat organisasi kehidupan yang ditampilkan pada dokumentasi tersebut adalah ....

A. Populasi
B. komunitas
C. ekosistem
D. biosfer
E. bioma



Jawaban: B


Individu merupakan tingkat ekologi paling rendah yaitu satu jenis organisme. Misalnya, seekor kupu-kupu, seekor sapi, seekor ikan, seekor paus, seekor harimau, sebatang pohon kelapa, dan seorang manusia.

Populasi adalah sekumpulan individu dengan ciri-ciri yang sama (spesies) yang hidup di tempat yang sama dan memiliki kemampuan bereproduksi di antara sesamanya.

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, dan pada umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Jawaban yang paling mendekati : Komunitas (sebenarnya komunitas tidak bisa diwakili hanya 1 individu saja), karena ada interaksi (pada soal lebih mengarah pada masalah symbiosis).

Ekosistem adalah kumpulan dari komunitas makhluk hidup. Tidak hanya komunitas yang merupakan faktor biotik, ekosistem juga mencakup faktor abiotik.

Bioma adalah wilayah yang memiliki sifat geografis atau iklim yang sama yang meliputi komunitas tumbuhan, hewan, organisme tanah, bakteri, dan virus. Ruang lingkup bioma mencakup beberapa ekosistem dengan elemen regional yang besar dan berbeda dari biosfer.


SOAL 10

Perhatikan jaring makanan berikut ini!

Kemungkinan yang paling tepat yang akan terjadi jika tikus pada jaring makanan tersebut punah ....

A. populasi kelinci meningkat karena makanannya meningkat
B. makanan untuk kelinci menurun karena populasi kelinci tinggi
C. ekosistem akan punah karena konsumen pertama punah
D. populasi ular lebih tinggi dibandingkan populasi elang
E. elang dan ular berkompetisi ketat memperebutkan kelinci



Jawaban: E

Jaring-jaring makanan (atau siklus makanan) adalah hubungan alami dari rantai-rantai makanan dan representasi grafis (biasanya gambar) dari proses makan-dan-dimakan dalam komunitas ekologis.






SOAL 11

Penelitian mengenai terapi menggunakan sel punca (stem cell) terus berkembang untuk memperaiki bagian tubuh yang rusak. Penelitian pada kasus tersebut dilakukan pada organisasi kehidupan tingkat ....

A. sel
B. jaringan
C. organ
D. sistem organ
E. individu



Jawaban: A

Stem Cell (juga dikenal dengan istilah sel punca) merupakan sel naif yang dapat membelah diri dan dapat berkembang menjadi berbagai macam sel dalam tubuh manusia, sehingga berpotensi digunakan untuk menggantikan berbagai jaringan tubuh yang rusak.

Stem Cell merupakan sel yang belum terspesialisasi dan memiliki 2 karakteristik, yaitu :
  1. Kemampuan untuk memperbaharui atau meregenerasi dirinya sendiri (self-regenerate/self-renew). Dalam hal ini Stem Cell dapat membuat salinan sel yang persis sama dengan dirinya melalui pembelahan sel.
  2. Kemampuan untuk berdirefensiasi menjadi sel lain. Dalam hal ini Stem Cell mampu berkembang menjadi berbagai jenis sel matang, misalnya sel saraf, sel otot jantung, sel otot rangka, sel pankreas, dan lain-lain.

Keuntungan Stem Cell dari darah tali pusat

  1. Mudah diperoleh.
  2. Siap pakai, karena telah melalui tahap pre-screening, testing dan pembekuan.
  3. Cenderung tidak terpapar oleh faktor external.
  4. Cara pengambilan mudah, tidak berisiko atau menyakiti donor.
  5. Risiko GVHD (graft-versus-host-disease) lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan stem cell dari sumsum tulang, dan transplantasi tetap dapat dilakukan walaupun HLA matching tidak sempurna atau dengan kata lain toleransi terhadapa ketidaksesuaian HLA matching lebih besar dibandingkan dengan Stem Cell dari sumsum tulang.

Keberhasilan penggunaan Stem Cell darah tali pusat untuk keluarga

Penggunaan Stem Cell darah tali pusat dapat digunakan secara langsung untuk bayi Anda. Kemungkinan kecocokan HLA pada saudara kandung dan orang tua lebih besar dibandingkan dengan kerabat dekat.

Daftar penyakit yang dapat diterapi dengan Stem Cell

  • Thalassemia
  • Lymphoma
  • Systemic lupus
  • Sickle Cell Anemia
  • Multiple myeloma
  • Evan syndrome
  • Leukemia
  • Thrombocytopenia
  • Amegakaryocytosis
  • Aplastic Anemia
  • Leukodystrophy
  • Cerebral palsy

Proses pengambilan Stem Cell dari darah tali pusat

Saat bayi dilahirkan (persalinan normal maupun operasi caesar), darah akan diambil oleh dokter setelah tali pusat di klem dan dipotong, sehingga tidak ada rasa sakit maupun resiko pada ibu dan bayi. Staf ProSTEM yang beroperasi 24 jam siap membawa darah tali pusat ke lab ProSTEM. Darah tali pusat diproses untuk pemisahan Stem Cell yang disimpan pada suhu -196oC dalam cryotank sehingga sel tetap dalam kondisi baik dan stabil hingga saat nanti digunakan.

Parameter keberhasilan terapi dengan Stem Cell

  • Semakin banyak jumlah sel yang digunakan dalam terapi, maka angka keberhasilan terapi semakin baik
  • Semakin tinggi kecocokan HLA (Human Leukocyte Antigen) antara donor dan penerima, maka keberhasilan terapi semakin menjanjikan.



SOAL 12

Perhatikan gambar berikut ini!

Jika populasi ular dimusnahkan, maka akan berakibat ....

A. populasi katak meningkat, sedangkan populasi tikus menurun
B. populasi katak meningkat, sedangkan populasi belalang menurun
C. populasi ulat menurun, sedangkan populasi padi meningkat
D. populasi burung meningkat, sedangkan populasi padi menururn
E. populasi tikus dan populasi belalang meningkat



Jawaban: B

Jaring-jaring makanan (atau siklus makanan) adalah hubungan alami dari rantai-rantai makanan dan representasi grafis (biasanya gambar) dari proses makan-dan-dimakan dalam komunitas ekologis.


SOAL 13

Perhatikan gambar bagian tumbuhan Mimosa pudica berikut!

Jika seorang siswa memberi sentuhan atau tekanan pada bagian yang ditunjuk anak panah, maka yang terjadi adalah ....

A. daun menutup karena perubahan tekanan turgor pada daun, sedangkan tangkai daun tidak menutup
B. daun menutup karena perubahan struktur jaringan tulang daun, sedangkan tangkai daun tidak menutup
C. daun dan tangkai daun akan menutup, karena terjadi perubahan tekanan turgor pada tulang daun
D. daun dan tangkai daun akan menutup, karena terjadi perubahan struktur sel pada jaringan tulang daun
E. daun dan tangkai daun tidak menutup, karena yang diberi sentuhan atau tekanan bukan pada bagian daun



Jawaban: C

Sentuhan pada putri malu dapat menyebabkan daun mengatup dan tangkainya merebah yang kita sebut dengan tigmonasti atau seismonasti. Tigmonasti adalah gerak ynag disebabkan oleh rangsangan sentuhan atau getaran, seperti menutupnya daun putri malau jika disentuh.

Menutupnya daun putri malu ketika disentuh dikarenkan aliran air menjauh dari sumber sentuhan. Adanya aliran air ini menyebabkan kadar air berkurang, sehingga tekanan turgornya mengecil. Akibatnya daun putri malu menutup dan tampak seprti layu Tekana turgor adalah tekanan yang mendorong membran sel terhadap dinding sel pada tumbuhan, bakteria, dan fungi serta pada sel protista yang tidak memiliki sel dinding. Tekanan ini menyebabkan turgiditas sel dan disebabkan oleh timbulnya aliran osmosis air dari bagian dengan konsentrasi terlarut lebih tinggi.


SOAL 14

Perhatikan gambar bunga di bawah ini!

Jika diperhatikan, bunga tersebut mekar pada saat terkena cahaya matahari, dan menguncup pada saat tidak ada cahaya matahari. Gerakan bunga tersebut adalah ....

A. fotonasti, karena dipengaruhi oleh cahaya
B. niktinasti, karena tekanan turgor pada malam hari
C. thigmonasti, karena dipengaruhi getaran
D. termonasti, karena dipengaruhi oleh perubahan suhu
E. Seismonasti, karena dipengaruhi sentuhan



Jawaban: A

Gerak pada tumbuhan

1. Nasti
Nasti adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan.[1] Gerak nasti disebabkan oleh perubahan turgor pada jaringan di tulang daun. Berdasarkan jenis rangsangannya, nasti dibedakan menjadi beberapa macam, yakni:
  • Seismonasti atau tigmonasti merupakan gerak nasti yang terjadi akibat rangsangan sentuhan. Contohnya adalah gerak menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) ketika disentuh.
  • Niktinasti merupakan gerak nasti yang terjadi akibat pengaruh gelap. Contohnya adalah "gerak tidur" yang dilakukan daun dari tumbuhan polong-polongan.
  • Termonasti merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan suhu. Contohnya mekarnya bunga tulip ketika suhu udara naik.
  • Fotonasti merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan cahaya. Contohnya adalah mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) pada saat sore hari di saat terkena sinar matahari.
  • Nasti kompleks merupakan gerak nasti yang disebabkan lebih dari satu rangsangan. Contohnya gerak membuka dan menutupnya stomata.
2. Tropisme
Tropisme adalah gerak tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Tropisme positif adalah gerak yang arahnya mendekati rangsangan, sedangkan tropisme negatif adalah gerak yang arahnya menjauhi rangsangan. Berdasarkan jenis rangsangannya, tropisme dibedakan menjadi beberapa macam, yakni:
  • Geotropisme atau gravitropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan rangsangan gaya gravitasi bumi. Geotropisme ada dua yaitu geotropisme positif dan geotropisme negatif. Geotropisme positif adalah gerak organ tumbuhan mendekati inti bumi. Sedangkan geotropisme negatif adalah gerak berlawanan arah gravitasi bumi, menjauhi inti bumi.
  • Fototropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan oleh pengaruh rangsangan cahaya. Fototropisme terbagi dua yaitu fototropisme positif dan fototropisme negatif. Pada umumnya, bagian tumbuhan di atas tanah bersifat fototropisme positif, misalnya bunga matahari akan mekar dan batangnya mengikuti arah sinar matahari. Dan akar bersifat fototropisme negatif
  • Tigmotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan karena rangsangan sentuhan. Pada umumnya tigmotropisme terjadi pada tumbuhan pemanjat (tumbuhan yang memiliki sulur)seperti anggur, ubi jalar, melon, dan tumbuhan pemanjat lainnya.
  • Hidrotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan karena rangsangan air. Contohnya gerak pertumbuhan akar menuju ke air.
  • Termotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan karena rangsangan suhu.
  • Kemotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan karena rangsangan zat kimia. Contohnya gerak akar menuju pupuk.
  • Reotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan oleh aliran air sehingga mempengaruhi arah gerak tumbuhan. Contohnya eceng gondok.
3. Taksis
Taksis adalah gerak yang terjadi akibat rangsangan luar. Seluruh tubuh tumbuhan akan bergerak, dan arah geraknya ditentukan oleh arah rangsangan. Berdasarkan jenis rangsangannya, taksis dibedakan menjadi beberapa macam, yakni:
  • Fototaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan rangsangan cahaya. contohnya gerak Euglena menuju cahaya. Fototaksis dibedakan menjadi dua yaitu fototaksis positif dan fototaksis negatif. Fototaksis positif adalah gerak tumbuhan mendekati rangsangan cahaya, sedangkan fototaksis negatif adalah gerak tumbuhan menjauhi rangsangan cahaya.
  • Kemotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan rangsangan zat kimia. Contohnya gerak sel spermatozoid menuju sel telur.
  • Galvanotaksis atau Elekrotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan rangsangan listrik. Contohnya Gerak organisme tingkat rendah bergerak mendekati listrik.
  • Termotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh rangsangan suhu atau temperatur .
  • Geotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh Gravitasi Bumi
  • Tigmotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh kontak fisik atau sentuhan.
  • Reotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh aliran air.
  • Phonotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh suara.



SOAL 15

Perhatikan gambar struktur jantung berikut ini!

Berdasarkan bagian-bagian dan strukturnya, jantung tersebut terdapat pada organisme ....

A. Mamalia
B. Amphibia
C. Reptilian
D. Aves
E. Pisces



Jawaban: E

Mamalia (4 ruang)
Jantung dibagi menjadi empat ruas yaitu atrium atas kanan dan kiri; dan ventrikel bawah kanan dan kiri.

Amphibia (3 ruang)
antung pada amphibi memiliki 3 ruang yaitu 2 atrium (kanan dan kiri) serta 1 ventrikel . Peredaran darah pada amphibi dikategorikan sebagai peredaran darah tertutup ganda dimana darah diedarkan melalui pembuluh darah dan melewati jantung sebanyak 2 kali.

Reptilian (4 ruang)
Jantung reptilia tersusun atas empat ruang yakni 2 bilik dan serambi. Antara bilik kanan dan kiri masih belum tertutup sempurna sehingga masih terdapat darah kaya oksigen dan darah miskin oksigen yang tercampur. Pada serambinya terdapat lubang yang disebut foramen panizzae.

Aves (4 ruang)
Jantung pada aves memiliki 4 ruang yaitu 2 atrium (kanan dan kiri) serta 2 ventrikel (kanan dan kiri). Peredaran darah pada aves dikategorikan sebagai peredaran darah tertutup ganda dimana darah diedarkan melalui pembuluh darah dan melewati jantung sebanyak 2 kali.

Pisces (2 ruang)
Jantung pada pisces memiliki 2 ruang yaitu 1 ventrikel dan 1 atrium. Posisi jantung pisces terletak di belakang insang.


SOAL 16

Diare adalah penyakit yang membuat penderita sering buang air besar dengan tinja yang encer. Berikut merupakan cara terhindar dari penyakit tersebut, kecuali ....

A. Menghindari makanan yang merangsang peristaltic usus besar
B. Membersihkan ember air minum dan cuci yang bersih
C. Mengkonsumsi makanan yang matang sempurna
D. Menjaga kebersihan dari lingkungan dan makanan
E. Rajin mencuci tangan dan sekitar dubur dengan sabun



Jawaban: A

Faktor Penyebab Diare Secara Umum

Penyebab diare yang terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa diakibatkan oleh infeksi usus yang terjadi ketika kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang kotor dan terkontaminasi bakteri, parasit, atau virus seperti norovirus dan rotavirus. Diare juga disebabkan karena faktor-faktor seperti efek samping obat-obatan tertentu, mengonsumsi minuman beralkohol dan kopi yang berlebihan.

Cara Mencegah Diare

Diare bukan saja berdampak kepada diri pengidap, tapi juga bisa menyebar, terutama kepada anggota keluarga. Oleh sebab itu, diare harus dicegah sedini mungkin. Berikut adalah cara mencegah diare akibat kontaminasi:
  • Memisahkan makanan yang mentah dari yang matang.
  • Mencuci tangan sebelum makan.
  • Menjauhi makanan yang diragukan kebersihannya dan tidak minum air keran.
  • Menyimpan makanan di lemari es dan hindari meninggalkan makanan di bawah paparan sinar matahari atau suhu ruangan.
  • Utamakan memakan makanan dari bahan makanan yang segar.
  • Jagalah kebersihan kuku kamu terutama jika memiliki kuku yang panjang.
Cara mencegah diare agar tidak menularkan pada anggota keluarga kamu bisa dengan melakukan langkah-langkah seperti:
  • Bila tinggal satu rumah, hindari menggunakan handuk atau peralatan makan yang sama dengan anggota keluarga lainnya.
  • Selalu membersihkan toilet dengan disinfektan tiap setelah buang air besar.
  • Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air hangat seperti sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah memegang daging mentah, setelah menggunakan toilet, dan setelah bermain dengan binatang piaraan.
  • Tetap berada di rumah setidaknya 48 jam setelah periode diare yang terakhir.
  • Selalu menjaga kebersihan dapur dan kamar mandi.
  • Bila penyebab diare berasal dari parasit cryptosporidium jangan menggunakan kolam renang terlebih dahulu selama dua minggu setelah diare yang terakhir.



SOAL 17

Dini menderita sakit dengan gejala mudah merasa lapar dan haus, sering kencing di malam hari, dan berat badannya turun walau makannya banyak. Sebaiknya Syehai membatasi konsumsi ....

A. daging
B. telur
C. susu segar
D. jus buah
E. sayur berwarna hijau



Jawaban: D

Penyebab Diabetes (Kecing Manis)

Diabetes dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti:
  • Kurangnya produksi insulin oleh pankreas
  • Gangguan respons tubuh terhadap insulin
  • Adanya pengaruh hormon lain yang menghambat kinerja insulin

tanda dan gejala khas penyakit diabetes melitus

Berikut beberapa tanda dan gejala khas penyakit diabetes melitus yang perlu Anda ketahui:
  • Sering merasa haus atau lapar
  • Sering buang air kecil, terkadang terjadi setiap jam (poliuria)
  • Lemah, lesu, dan tidak bertenaga
  • Sering mengalami infeksi, misalnya infeksi kulit, vagina, sariawan, atau saluran kemih
  • Luka diabetes sulit sembuh
  • Pandangan kabur
  • Gatal pada kulit, terutama pada lipatan paha atau daerah vagina
  • Berat badan turun tiba-tiba
Gejala lainnya dari penyakit kencing manis yang harus Anda waspadai adalah:
  • Mual atau muntah
  • Mulut kering
  • Gusi sering bengkak dan luka
  • Kaki sering sakit, kesemutan, dan mati rasa
  • Bercak hitam dan sisik pada kulit
  • Disfungsi seksual, seperti gangguan ereksi
Pengobatan utama yang biasanya dianjurkan dokter adalah mengubah pola hidup. Perubahan gaya hidup ini biasanya meliputi pola makan sehat dan olahraga secara teratur. Pola makan yang diterapkan juga bisa berupa memilih makanan yang rendah gula.


SOAL 18

Seorang anak merasakan perih di bagian abdomen. Setiap kali makan pedas dan makan makanan yang terlalu asam, dia merasakan perih. Berdasarkan kondisi tersebut, upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga dari gangguan ini yaitu ....

A. menghindari makanan yang mengandung biji-bijian
B. menghindari makanan yang bertekstur keras
C. menghindari makanan yang dapat menyebabkan kadar asam klorida terlalu tinggi
D. menkonsumsi lebih banyak makanan berserat seperti sayuran dan buah
E. mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C



Jawaban: C

Nyeri di perut dapat berasal dari kondisi yang mempengaruhi berbagai organ. Organ yang terpengaruh hingga menyebabkan perih dan panas adalah lambung. Selain perih dan panas, terdapat beberapa gangguan yang akan terjadi pada lambung seperti kembung, begah, mual, nyeri pada ulu hati, hingga cegukan.

Faktor yang membuat lambung menjadi perih dan panas adalah naiknya asam lambung, selain itu hal ini bisa menyebabkan iritasi pada kerongkongan. Selain itu konsumsi coklat, kafein, alkohol, dan rokok juga memberikan andil terhadap perut panas dan perih.


SOAL 19

Perhatikan gambar berikut!


Gambar di atas merupakan irisan melintang organ akar. Diantara bagian jaringan yang menyusun akar tersebut terdapat jaringan pengangkut. Berdasarkan gambar tersebut, jaringan yang dapat menggerakan air yang mengandung unsur hara dari akar menuju ke daun secara intravascular adalah ....

A. d, e dan f
B. a, b dan h
C. g, c, dan f
D. b saja
E. c saja



Jawaban: B




SOAL 20

Proses pengangkutan air dan unsur hara dari akar menuju ke daun dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut beberapa faktor yang benar adalah: ....

A. Daya hisap daun (transpirasi), tekanan daun, dan gerakan apoplas
B. Daya hisap daun (transpirasi), kapilaritas batang dan tekanan akar
C. Daya hisap daun (transpirasi), tekanan akar gerakan simplas
D. Daya hisap daun (transpirasi), tekanan daun, dan kapilaritas batang
E. Daya hisap daun (transpirasi), gerakan apoplas, gerakan simplas



Jawaban: B

mekanisme pengangkutan air dari akar menuju daun dimulai dari masuknya air tanah ke akar (daya tekan akar), lalu naik melalui batang (kapilaritas batang) menuju daun (daya isap daun).

Daya tekan akar adalah kemampuan akar untuk mendorong air menuju xylem dan dipengaruhi oleh tekanan osmotik. Pertama-tama, air dalam tanah diserap oleh rambut akar. Air tanah dapat masuk ke rambut akar karena mempunyai kepekatan larutan yang lebih encer dibandingkan dengan cairan sel pada rambut akar. Selanjutnya, air akan didorong masuk hingga sampai ke jaringan xilem yang berada di akar.

Kemudian, air diangkut naik melalui xilem pada batang dengan daya kapilaritas batang. Kapilaritas batang dapat terjadi karena xilem memiliki bentuk yang menyerupai pipa kapiler. Daya kapilaritas batang dipengaruhi oleh adanya gaya adhesi dan kohesi. Gaya adhesi adalah gaya ikat lemah antara molekul air dengan dinding pembuluh, sedangkan gaya kohesi adalah gaya ikat antara molekul air dengan molekul air lainnya.

Selanjutnya adalah daya isap daun. Daya isap daun terjadi akibat adanya proses penggunaan air pada daun untuk fotosintesis dan transpirasi (penguapan daun). Proses ini menyebabkan cairan yang terdapat pada sel daun meningkat kepekatannya sehingga air pada xilem masuk ke daun.



LATIHAN LAGI SOAL LAINNYA


Semoga PEMBAHASAN SOAL PERSIAPAN UP - MODUL 2 PROFESIONAL IPA KB-1 DAN KB-2 ini bermanfaat dan bisa memberikan semangat untuk selalu berlatih. Salam sukses!!!! ELPEDIA
AJAK TEMAN-TEMAN BELAJAR, dengan cara KLIK TOMBOL SHARE DI BAWAH INI!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp
Tags :

0 comments:

Posting Komentar